Pergerakan Harga Emas Kemarin

577

Harga emas turun secara solid di awal trading AS, dengan minat terhadap resiko dari investor sedikit membaik pada hari kemarin dan faktor kunci diluar pasar ada di kondisi “bearish” untuk metal berharga. Pasar saham dunia stabil pada hari Rabu kemarin, dengan pasar saham Eropa pulih kembali setelah terjadinya aksi jual segera sesudah serangan terror di Brussel. Indeks saham AS mengarah hampir tidak bergerak dari pembukaan ketika sesi siang hari dimulai.

Harga emas terus mengalami tekanan jual yang kuat dan menyentuh ke kerendahan selama tiga minggu di trading AS, dengan indeks dolar AS naik lebih tinggi dan harga minyak mentah melemah.

Emas Comex bulan April terakhir turun $27.20 di $1,221.40 per ons.

Perak Comex bulan Mei teakhir turun $0.515 di $15.37 per ons.

Selain itu juga ada koreksi secara tehnikal dengan tren kenaikan harga telah menjadi negatif dan menimbulkan tekanan jual termasuk order stop jual yang dipasang di pasar emas berjangka.

Indeks dolar AS naik lebih tinggi pada hari Rabu kemarin dengan “greenback” mengalami satu minggu yang “bullish” setelah harga emas menyentuh kerendahan beberapa bulan pada minggu lalu.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here