Bursa Wall Street Berakhir Mixed Terdukung Penguatan Dollar AS

287
Bursa Saham AS berakhir mixed pada akhir perdagangan Kamis, sebagai hari perdagangan akhir minggu yang pendek, karena harga minyak pulih dari posisi sesi terendah dan indeks dolar AS kembali naik.
 
Indeks komposit Nasdaq ditutup 0,1 persen lebih tinggi, dengan saham Amazon.com rally 2,3 persen dan iShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) ditutp naik hampir setengah persen. Sedangkan saham Apple ditutup turun 0,4 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 13 poin setelah turun 103 poin di pembukaan perdagangan. Saham IBM dan Caterpillar kontribusi yang paling tinggi untuk keuntungan, sementara saham Goldman Sachs dan saham UnitedHealth kontribusi yang paling besar untuk penurunan.

 
Indeks S & P 500 berakhir lebih rendah, dengan sektor keuangan tertinggal, sementara sektor energi menutup sekitar setengah persen lebih tinggi dan sektor telekomunikasi rally 1 persen untuk memimpin kenaikan.
 
Indeks utama rata-rata masih mengakhiri kemenangan beruntun lima minggu, jatuh sekitar setengah persen selama empat hari yang melihat beberapa volume perdagangan terendah tahun ini sejauh ini. Pasar ditutup Jumat untuk hari Jumat Agung.
 
 
Dalam sepekan terakhir, komentar pejabat Fed pada kemungkinan menaikkan suku secepat April mendukung kenaikan indeks dolar AS yang membebani komoditas.
 
Harga minyak mentah berjangka AS ditutup 0,8 persen lebih rendah pada $ 39,46 per barel. Jumlah kilang minyak mingguan, yang dirilis Kamis karena hari libur Jumat Agung, menunjukkan penurunan dari 15 kilang minyak.

Indeks dolar AS sedikit turun setelah menyentuh level tertinggi dalam lebih dari seminggu, tapi masih di minggu positif pertama dalam empat minggu dengan kenaikan lebih dari 1 persen. Euro diadakan di dekat $ 1,118 dan yen berada di 112,81 ¥ terhadap dollar AS.

Hasil Treasury diadakan lebih tinggi, dengan yield 2-tahun di dekat 0,88 persen dan yield 10-tahun sekitar 1,9 persen.


Menjelang pembukaan perdagangan, Presiden Federal Researve St. Louis James Bullard mengatakan kenaikan suku bunga Fed berikutnya “mungkin tidak jauh,” denganadanya perbaikan ekonomi seperti yang diharapkan. Namun, katanya kepada wartawan dalam sebuah artikel Reuters ia belum memutuskan apakah akan mendorong kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed bulan April, sebagian karena terbatasnya jumlah data yang diharapkan sebelum itu.
 
Bullard adalah anggota voting Komite Pasar Terbuka Federal dan dalam sebuah wawancara Rabu adalah menyarankan suku bunga bisa naik pada awal April.

Indeks Dow transport berakhir hampir 0,4 persen lebih rendah, baik dari posisi terendah sesi tapi masih 1,85 persen lebih rendah untuk minggu untuk mengakhiri sembilan minggu berturut-turut naik. Saham American Airlines adalah penurun terbesar untuk harian dan mingguan.

Dalam berita ekonomi, klaim pengangguran mingguan datang di 265.000.

 
 
Sedangkan Pesanan barang tahan lama Februari turun 2,8 persen. Pesanan barang Non-pertahanan ibukota tidak termasuk pesawat, yang diawasi ketat untuk rencana pengeluaran bisnis, menurun 1,8 persen setelah maju oleh 3,1 persen yang direvisi turun pada bulan Januari, kata Reuters.
 
 
PMI Markit Flash jasa AS adalah 51,0 pada Maret, naik dari 49,7 pada bulan Februari.
 
Dengan hasil Kamis mixed, indeks S & P 500 tetap rendah untuk tahunan sejauh ini, sementara indeks Dow Jones diadakan sekitar setengah persen lebih tinggi untuk tahun 2016. Kedua indeks berada dalam 5 persen dari tertinggi intraday 52-minggu mereka.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 13,14 poin, atau 0,08 persen, di 17,515.73, dengan kenaikan tertinggi saham Caterpillar dan saham Nike yang turun terbesar.
 
Indeks S & P 500 ditutup turun 0,77 poin, atau 0,04 persen, pada 2,035.94, dengan sektor keuangan memimpin empat sektor yang lebih rendah dan sektor telekomunikasi yang naik tinggi.
 
Indeks komposit Nasdaq ditutup naik 4,64 poin, atau 0,10 persen, pada 4,773.50.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here