Harga Emas Mingguan Siap Turun Tertinggi

355

Harga emas spot sempat mencapai empat pekan rendah pada perdagangan hari Kamis, namun beralik rebound tapi tetap berakhir negatif, dan harga siap untuk penurunan mingguan tertinggi sejak November dengan komentar hawkish pejabat Fed untuk kenaikan suku bunga AS telah meningkatkan dolar AS.

Komentar hawkish dari beberapa pejabat Federal Reserve AS minggu ini menempatkan investor waspada untuk kemungkinan setidaknya dua kali kenaikan suku bunga tahun ini, dengan yang pertama berpotensi secepat bulan depan, memicu koreksi luas di seluruh komoditas.

Harga emas spot tergelincir 0,6 persen pada awal perdagangan pada hari Kamis pada $ 1,212.20 per ons, terlemah sejak 26 Februari, namun berhasil rebound ke $ 1,220.83, naik 0,08 persen, karena dolar mengurangi beberapa kenaikan setelah data pekerjaan AS mingguan. Harga berakhir turun 0,25% pada 1,216.61.

Harga emas berada di jalur untuk 2,7 persen penurunan mingguan, terutama karena penurunan 2 persen pada Rabu.

Pasar London dan banyak pasar emas lainnya akan ditutup pada hari Jumat ini dan Senin untuk liburan Paskah.

Sedangkan harga emas berjangka AS turun $ 2,40 pada $ 1,221.60, dan sebelumnya merosot 0,22 persen menjadi $ 1,221.30 per ons.

Lihat : Harga Emas Turun 2% Tergerus Komentar Hawkish Pejabat Fed

Dolar AS naik 0,04 persen versus sekeranjang mata uang utama, menuju hari kelima keuntungan, kenaikan terbaik dalam hampir setahun.

Data pada Kamis menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran naik moderat pekan lalu, tapi revisi untuk minggu sebelum menunjukkan pasar tenaga kerja jauh lebih kuat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Presiden Fed St Louis James Bullard bergabung dengan paduan suara pejabat dalam menyoroti kemungkinan setidaknya dua kenaikan tingkat tahun ini, dengan yang pertama mungkin secepat April.

Awal pekan ini, Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker mengatakan bank sentral harus mempertimbangkan peningkatan lain pada awal bulan depan jika ekonomi AS terus membaik, sementara Presiden Fed Chicago Charles Evans juga mengatakan ia berharap dua tingkat meningkat tahun ini.

Sementar itu harga perak berjangka naik 0,44 persen menjadi $ 15,20, harga platinum berjangka turun 0,8 persen pada $ 953 dan harga paladium berjangka turun 1,12 persen menjadi $ 576,55.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah dengan potensi penguatan dollar AS dengan sentimen percepatan kenaikan suku bunga AS. Harga emas diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 1,215.00-$ 1,213.00, dan jika harga rebound akan menembus kisaran Resistance $ 1,219.00-$ 1,221.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here