Bisnis ICBP Tidak Segembira Pergerakan Sahamnya

252

Pergerakan saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang pekan lalu alami tekanan jual sangat kuat kembali melemah usai perdagangan sesi pertama awal pekan. Namun laporan kinerja keuangan perseroan tahun 2015 yang cukup mengesankan memberikan dorongan bagi asing banyak koleksi saham ini, terpantau asing cetak net buy baru sebesar Rp190 juta. 

ICBP melaporkan peningkatan kinerja keuangan sepanjang tahun 2015 dibandingkan dengan kinerja tahun 2014. Laba bersih yang diperoleh perseroan meningkat 13,5% dari Rp2,64 triliun menjadi Rp3,00 triliun dengan marjin meningkat menjadi 9,5% dari 8,8% tahun 2014.

Peningkatan kinerja yang lumayan ini mendapat dukungan dari meningkatnya penjualan konsolidasi menjadi Rp31,74 triliun atau 5,7 persen dari Rp30,02 triliun tahun sebelumnya, yang disumbang paling besar dari penjualan mie instan. Merespon laporan ini pihak perseroan bergembira namun pergerakan sahamnya masih dalam tekanan.

Melihat pergerakan sahamnya di lantai bursa perdagangan saham pada hari Senin (28/03) saham ICBP dibuka pada level 15200 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada di posisi 15225.  Dan hingga perdagangan siang ini saham anjlok 0,34 persen    dengan volume perdagangan saham sudah mencapai  4 ribu lot saham.    

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ICBP perdagangan sebelumnya bergerak dengan indikator MA naik dan indikator Stochastic bergerak turun keluar area tengah menuju area jenuh jualnya. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar dengan  +DI  datar diatas  menunjukan saham ICBP masih tertekan.  

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here