Bursa Seoul 28 Maret Berakhir Negatif Menantikan Pidato Yellen

403
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan awal pekan Senin (28/03), indeks Kospi ditutup turun –1,27 poin, atau -0,06 persen, pada 1982.54. Pelemahan indeks Kospi karena sepinya arahan fundamental domestik dan investor masih mewaspadai pidato Ketua Fed, Janet Yellen pada Selasa malam untuk memberikan gambaran arah kebijakan suku bunga AS selanjutnya.

Lihat : Indeks Kospi 28 Maret Bergerak Datar Dengan Sepinya Arahan

Pada sore ini, mata uang Won ditutup pada 1,166.2 terhadap dollar AS, naik 3 won dari penutupan Jumat. Namun kenaikan Won belum berhasil mengangkat indeks Kospi.

Ketua Fed Janet Yellen akan menyampaikan pidato pada pertemuan klub ekonomi pada Selasa waktu setempat di tengah kekhawatiran baru-baru ini yang meningkat dengan beberapa komentar hawkish oleh beberapa pejabat Fed untuk percepatan kenaikan suku bunga AS.

Investor akan memperhatikan isi pidato Yellen untuk mendapatkan petunjuk mengenai apakah dan kapan bank sentral AS akan menaikkan suku bunga AS.

Pada akhir perdagangan saham, saham-saham kapital besar Korea Selatan berakhir mixed namun didominasi pelemahan. Saham pembuat chip SK Hynix berakhir turun 2,06 persen. Sementara saham produsen kimia LG Chem turun 1,08 persen. Saham produsen kosmetik AmorePacific turun 1,4 persen. Saham pembuat suku cadang mobil Hyundai Mobis turun 0,4 persen menyusul laporan broker yang meramalkan lemah pendapatan kuartal pertama. Saham Samsung Electronics naik 0,47 persen menjadi 1.294.000. Saham SK Telecom naik 1,45 persen.

Sementara untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 0,35 poin atau 0,14% pada 245.40, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 245.05.

Esok pagi akan dirilis data ekonomi Consumer Confidence Maret, yang diperkirakan meningkat dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya, indeks Kospi berpotensi menguat terbatas jika data Consumer Confidence terealisir meningkat. namun akan juga memperhatikan pergerakan harga minyak selanjutnya yang juga dapat mempengaruhi pergerakan indeks. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 242.40-239.43 dan kisaran Resistance 248.13-251.11.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here