Penyelenggaraan Festival Pasar Modal Syariah 2016

382

Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat perkembangan produk investasi berbasis syariah baik di tingkatan global, maupun regional, dengan potensi penduduk muslim yang besar.  Sampai dengan akhir tahun 2015, pertumbuhan pangsa pasar saham syariah lebih dominan dibandingkan dengan non syariah. Dari sisi produk, jumlah saham syariah tercatat sebanyak 318 saham atau 61% dari total kapitalisasi pasar saham Indonesia.

Jumlah saham syariah di sepanjang tahun lalu telah meningkat 34% menjadi 318 saham dari sejak Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) diluncurkan pada 2011 silam yang berisi 237 saham. Pertumbuhan jumlah investor saham syariah di Indonesia juga meningkat 76% walaupun jumlahnya per akhir 2015 masih baru mencapai 4.908 investor berdasarkan single investor identification (SID) atau sekitar 1% dari total investor saham yang jumlahnya sebanyak 434.443 SID.

Untuk itu, dalam rangka pengenalan masyarakat pada pasar modal syariah dan produk-produknya, PT BEI, bersama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyelenggarakan Festival Pasar Modal Syariah 2016, mulai Rabu (30/3) sampai dengan Sabtu (2/4).

Acara ni mengangkat tema ‘Yuk Nabung Saham Syariah’ yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye nasional ‘Yuk Nabung Saham’ dan dilatarbelakangi dengan kondisi masyarakat Indonesia yang sampai saat ini masih memiliki paradigma saving society namun memiliki kemampuan untuk mulai berinvestasi.

Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan, berharap melalui Festival Pasar Modal Syariah 2016 pemahaman calon investor tentang produk pasar modal syariah dapat tumbuh. Sehingga akan dapat meningkatkan minat dan keyakinan masyarakat tentang produk investasi pasar modal syariah yang berlanjut terhadap peningkatan jumlah investor lokal di pasar modal domestik.

Pameran menghadirkan seluruh komunitas pasar modal Syariah, baik perusahaan tercatat penerbit saham syariah dan sukuk, manajer investasi, perusahaan efek, Bank Rekening Dana Nasabah sampai kepada portal investasi. Tercatat ada 44 perusahaan yang membuka booth di acara Festival Pasar Modal Syariah 2016 yang dapat dikunjungi oleh pengunjung dan di acara ini seluruh pelaku pasar dan investor pasar modal syariah juga hadir dan siap sharing pengalaman dengan pengunjung.

 

Herwantoro/VMN/VBN/Journalist
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here