Bursa Eropa Dibuka Positif Mencermati Perkembangan Ekonomi AS

293

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Selasa (29/03) awal pembukaan pasar setelah libur Paskah, dengan investor mencermati komentar pejabat The Fed dan data pekerjaan dari AS akhir pekan ini.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik sekitar 0,8 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.125,49, naik 19.01 poin atau 0,31%

Indeks berada pada posisi 9.919,85, naik 68.50 poin atau 0.70%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.367,87, naik 38,19 poin atau 0,88%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.835,00, naik 45,20 poin atau 0,51%

Lihat : Bursa Eropa Mingguan Turun 2%, Pidato Yellen Dan Pergerakan Minyak Mentah Dicermati

Pasar Eropa memulai minggu perdagangan yang lebih singkat dengan investor melihat ke depan untuk data kunci nonfarm payrolls dan laporan kerja dari AS pada hari Jumat.

Data tersebut bisa menjelaskan lebih lanjut apakah Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada pertemuan bulan April. Namun The Fed harus lebih berhati-hati, setelah data yang dirilis pada hari Senin menunjukkan bahwa belanja konsumen dan inflasi masih menunjukkan pertumbuhan yang lemah.

Pasar juga akan mengikuti komentar Ketua The Fed Janet Yellen yang berbicara di The Economic Club of New York, Selasa. Komentarnya akan dicermati apakah mengikuti komentar dari beberapa pejabat Fed selama seminggu terakhir bahwa kenaikan suku bunga bisa segera hadir.

Sebagian besar pasar Asia lebih rendah Selasa. Data dari Jepang menunjukkan bahwa pengeluaran rumah tangga naik 1,2 persen pada tahun pada bulan Februari tapi tingkat pengangguran yang disesuaikan secara musiman negara untuk Februari datang di 3,3 persen, sedikit di atas perkiraan 3,2 persen dalam jajak pendapat Reuters.

Sektor perbankan adalah salah satu pemain terbaik di Eropa pada hari Selasa setelah beberapa berita positif dari sejumlah kreditur.

Jerman Deutsche Bank diperdagangkan lebih tinggi setelah anggota dewan Karl von Rohr mengatakan kepada sebuah koran lokal bahwa perubahan budaya di pemberi pinjaman akan memakan waktu.

Di Italia, kepala eksekutif Banco Popolare mengatakan kepada Il Sole 24 Ore selama akhir pekan bahwa menaikkan modal 1 miliar euro diperlukan untuk bergabung dengan Banca Popolare di Milano yang bisa menjadi rights issue 50 persen dan 50 persen di penempatan langsung ke investor institusi . Exane BNP Paribas menurunkan target harga untuk Banco Popolare tapi menaikkan target harga untuk Banca Popolare di Milano. Yang terakhir ini diperdagangkan lebih tinggi sementara yag lainnya kira-kira datar.

Saham di Banca Monte Dei Paschi Di Siena juga lebih tinggi setelah membantah laporan bahwa Bank Sentral Eropa telah meminta untuk melaksanakan modal kenaikan gaji 3 miliar euro.

Dalam berita saham individu, perusahaan energi Italia ENI diperdagangkan lebih tinggi setelah surat kabar La Repubblica melaporkan bahwa perusahaan itu membahas penjualan 20 persen di lapangan gas Zohr Mesir untuk Rusia Lukoil. Juga Exxon Mobil dalam pembicaraan untuk membeli saham 15 persen di lapangan gas di Area 4 Eni di Mozambik.

Sektor asuransi juga rally. RSA Insurance Group berada di wilayah positif setelah Deutsche Bank menaikkan target harga untuk saham. NN Grup juga naik tajam setelah HSBC menambahkannya masuk dalam kelompok saham “Super Sepuluh Eropa”.

Saham sumber daya dasar dicampur tengah penurunan harga minyak dan logam.

Dalam berita lainnya, sebuah pesawat penumpang yang dioperasikan oleh EgyptAir awalnya dijadwalkan untuk menyelesaikan penerbangan domestik antara Alexandria dan Kairo telah dibajak dan dialihkan ke utara untuk Larnaca di Siprus. Saham sektor wisata dan rekreasi, yang biasanya terkena sebagai akibat dari insiden seperti ini, masih diperdagangkan lebih tinggi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan pidato pejabat The Fed dan Janet Yellen yang menjadi arahan kapan akan dilaksakanakan kenaikan suku bunga AS  berikutnya.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here