Harga Emas Naik Tipis Terpicu Pelemahan Dollar AS

354

Harga Emas naik tipis pada akhir perdagangan hari Senin, karena dolar melemah setelah data AS yang lebih lemah dari perkiraan, tetapi harga masih tinggal dekat dengan terendah satu bulan dengan investor fokus pada pidato para pejabat Federal Reserve yang bisa memberikan petunjuk lebih lanjut tentang potensi kenaikan suku bunga.

Dolar jatuh dari tertinggi dalam hampir dua minggu versus sekeranjang mata uang setelah data menunjukkan belanja konsumen AS naik sedikit pada bulan Februari dan secara keseluruhan inflasi mundur. Departemen Perdagangan juga merevisi turun 0,1 persen keuntungan pada bulan Januari.

Data ekonomi AS yang lemah mendukung pandangan Fed akan menaikkan suku bunga pada kecepatan bertahap, membebani dolar dan pada gilirannya membantu emas.

Harga emas Spot naik 0,28 persen pada $ 1,219.46 per ons, setelah menyentuh sesi rendah $ 1,208.15, yang termurah sejak 23 Februari. Logam mulia ini kehilangan 3 persen pekan lalu, penurunan mingguan terbesar sejak November pada spekulasi bahwa kenaikan suku bunga AS berikutnya bisa datang sesegera bulan depan.

Lihat : Harga Emas Mingguan Turun 3 Persen Tergerus Penguatan Dollar AS

Likuiditas tipis karena London dan banyak pasar emas lainnya ditutup untuk liburan Paskah Senin.

Semua mata sekarang tertuju Ketua Fed Janet Yellen, yang akan berbicara tentang ekonomi AS dan kebijakan moneter pada hari Selasa, untuk mencermati indikasi pada jumlah dan waktu kenaikan suku bunga tahun ini.

Komentar hawkish dari beberapa pejabat Federal Reserve pekan lalu menempatkan investor waspada untuk kemungkinan setidaknya dua kenaikan suku bunga tahun ini, memicu koreksi luas di seluruh komoditas dan memperkuat dolar AS. 

Pasar juga menunggu pidato Presiden Fed New York William Dudley pada hari Kamis dan Data non-farm payrolls pada hari Jumat.

“Sejumlah non-farm payrolls di atas 200.000 bisa memberikan pasar cukup percaya diri untuk harga dalam dua kenaikan suku bunga tahun ini, membebani emas,” kata Carlo Alberto de Casa, kepala analis ActivTrades.

Harga perak berjangka naik 0,1 persen menjadi $ 15,22 per ons,  harga paladium berjangka turun 0,88 persen menjadi $ 567,60 dan harga platinum turun sedikit pada $ 945,50 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan mencermati komentar para pejabat Fed AS mulai sore sampai malam nanti. Jika terjadi komentar hawkish akan menekan harga emas. Harga emas diperkirakan akan berada dalam kisaran Support $ 1,217.50-$ 1,215.50. Jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,221.50-$ 1,223.50.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here