Penjualan Ritel Jepang Naik Pertama Kali Dalam Empat Bulan

236

Penjualan ritel-Jepang naik sedikit pada bulan Februari, namun masih menunjukkan tanda-tanda lanjutan kelemahan.

Penjualan ritel naik untuk pertama kalinya dalam empat bulan, naik tipis 0,5% pada bulan Februari dari tahun sebelumnya, menurut data yang dirilis Selasa oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri. Kenaikan ini terjadi setelah penurunan 0,2% pada bulan Januari. Pada basis bulanan, penjualan ritel turun 2,3%.

japan-retail-sales-annual

Konsumen Jepang telah berbelanja secara hati-hati dalam beberapa bulan terakhir, meredam kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Data ritel baru-baru ini, termasuk penjualan mobil dan supermarket, telah menawarkan ada tanda-tanda perubahan besar dalam tren.

Pemerintah dijadwalkan untuk menaikkan pajak penjualan nasional untuk 10% dari 8% pada bulan April 2017. Banyak ekonom mengatakan bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe dapat memilih untuk menunda melanjutkan kenaikan pajak yang diberikan yang dapat membuat konsumen menolak berbelanja.

Penjualan ritel makanan dan kosmetik naik pada bulan Februari dari tahun sebelumnya, sedangkan penjualan mobil, elektronik rumah dan bahan bakar jatuh.

Penjualan ritel skala besar naik 2,2% pada laju tahunan, setelah penyesuaian untuk perubahan jumlah toko, menandai bulan kedua peningkatan.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here