Rebound Dollar Sebabkan Rupiah Selasa Siang Terkoreksi

366

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Selasa siang  (29/03), rupiah yang dibuka kuat  terhadap dollar  terkoreksi oleh bangkitnya kembali dollar melawan rival-rival utamanya setelah perdagangan semalam habis dihajar rivalnya tersebut. Para pelaku pasar keuangan global hari ini lebih memilih koleksi dollar merespon dini pernyataan Janet Yellen malam nanti.

Lihat: Dollar AS Awali Sesi Eropa 29 Maret Akhirnya Balik Arah

Pelemahan rupiah hingga siang ini  memberikan dampak negatif bagi bursa saham, dimana  asing semakin banyak lakukan aksi jualnya dan mencetak net sell sebesar Rp304 miliar lebih. Keluarnya modal asing cukup besar siang ini tidak membuat  IHSG terkoreksi yang berhasil menguat 0,2  persen ke posisi 4782.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,53% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13413/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13335/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI, rupiah Kamis  diperlemah dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah  ke posisi 13363 dari hari sebelumnya 13323 pada hari Senin (28/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank menurun  ke posisi 13430   dari posisi 13390 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi melemah hingga akhir perdagangan oleh proyeksi pertambahan penguatan dollar AS sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13349  resistance  13242 per dollar.  

 

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here