Bursa Wall Street Berakhir Positif Merespon Komentar Dovish Yellen

331

Bursa Saham AS ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan saham Selasa, yang dipimpin oleh kenaikan saham teknologi, setelah komentar dovish Ketua Fed Janet Yellen untuk melanjutkan kebijakan kenaikan suku bunga dengan hati-hati.

Indeks S & P 500 dan Dow Jones pulih dari terendah pada pembukaan untuk ditutup pada tingkat tertinggi tahun ini sejauh ini dan di wilayah positif untuk tahun 2016. Kedua indeks berada dalam 4 persen dari tertinggi intraday 52-minggu mereka.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup tepat di bawah tertinggi sesi. Sebelumnya, indeks sempat menambahkan 107 poin, setelah turun 101 poin pada perdagangan pagi.

Saham Apple ditutup sekitar 2,4 persen lebih tinggi untuk berkontribusi paling besar untuk kenaikan di Dow Jones, sementara saham 3M adalah penyumbang terbesar dalam penurunan.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Mixed Mencermati Harga Minyak Mentah Dan Komentar Pejabat The Fed

Indeks Nasdaq mengungguli dengan keuntungan dari 1,67 persen, hari terbaik dalam lebih dari dua minggu.

Nasdaq memperpanjang kenaikan dan Dow dan S & P berbalik lebih tinggi dalam perdagangan tengah hari setelah Yellen mengatakan dalam sambutannya yang disiapkan bahwa ekonomi AS mixed dan adalah tepat untuk melanjutkan dengan hati-hati dalam menyesuaikan kebijakan.

Lihat : Sinyal Dovish Yellen, Kenaikan Suku Bunga Kemungkinan Melambat

Indeks S & P 500 naik kembali ke wilayah positif untuk tahun ini sejauh ini dengan sektor teknologi informasi memimpin kenaikan, sedangkan saham bank turun.

Hasil Treasury beringsut lebih rendah, dengan yield 2-tahun di bawah 0,80 persen, terendah sejak 1 Maret dan yield 10-tahun di dekat 1,81 persen, terendah sejak 8 Maret.

Indeks dolar AS memperpanjang kerugian sebelumnya dengan penurunan lebih dari 0,8 persen, untuk hari terburuk sejak 17 Maret. Euro diadakan di dekat $ 1,13 dan yen berada di 112,68 ¥ terhadap dollar.

Komentar pembuat kebijakan baru-baru ini telah bersandar lebih hawkish dari apa yang keluar dari pertemuan 15-16 Maret, yang lebih dovish daripada yang banyak diperkirakan.

Saham AS dibuka lebih rendah karena penurunan harga minyak menekan. Harga minyak mentah berjangka AS turun $ 1,11 pada $ 38,28 per barel.

Indeks rata-rata besar menahan kerugian dan komposit Nasdaq berbalik lebih tinggi setelah kepercayaan konsumen menunjukkan kenaikan pada bulan Maret untuk 96,2 dari 94,0 pada bulan Februari.

Saham Apple, Microsoft, Amazon.com dan Facebook ditutup lebih dari 2 persen lebih tinggi untuk mendukung keuntungan di Nasdaq. IShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) ternyata lebih tinggi untuk menutup 1,8 persen. Dengan keuntungan Selasa, saham Apple naik 20 persen dari 52 minggu intraday tinggi, dari wilayah pasar beruang.

Dalam berita lain bank sentral, Presiden Federal Reserve Dallas Robert Kaplan mengatakan dalam sebuah laporan Reuters ia mengharapkan ekonomi AS untuk membuktikan tangguh tahun ini, tetapi bahwa bank sentral harus melanjutkan secara bertahap dan hati-hati dalam menaikkan suku bunga. Dalam komentar kepada wartawan Kaplan menolak untuk mengesampingkan kenaikan tarif pada pertemuan April Fed, kata Reuters.

Sebelumnya, dalam pidato di National University of Singapore, Presiden Fed San Francisco John Williams mengatakan ekonomi AS tetap di jalur untuk jalur bertahap kenaikan suku bunga dan kekhawatiran atas dampak dari perlambatan ekonomi global dan serangan volatilitas keuangan adalah berlebihan.

Williams adalah anggota non-voting Komite Pasar Terbuka Federal tahun ini, sementara Kaplan adalah anggota alternatif.

Lihat : Presiden Fed San Fransisco : Ekonomi AS Tetap Di Jalur Kenaikan Suku Bunga

Dalam berita lain, Lennar mengalahkan estimasi sebesar 11 sen dengan pendapatan 63 sen per saham, pada pendapatan yang juga melampaui ekspektasi. Pembangun rumah melaporkan peningkatan hampir 10 persen pesanan baru dan kenaikan 12 persen dalam pengiriman. Saham ditutup naik 3,17 persen, membantu SPDR S & P Homebuilders ETF (XHB) mendapatkan hampir 1,7 persen untuk hari terbaik sejak 11 Maret.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 97,72 poin, atau 0,56 persen, ke 17,633.11, dengan saham Apple naik tertinggi dan saham 3M yang turun terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup naik 17,96 poin, atau 0,88 persen, pada 2,055.01, dengan sektor teknologi informasi memimpin 10 sektor yang lebih tinggi.

Indeks Nasdaq ditutup naik 79,84 poin, atau 1,67 persen, pada 4,846.62.

Malam ini akan dirilis data ekonomi ADP Employment Change Maret yang diindikasikan menurun dari hasil sebelumnya. Jika terealisir akan menekan bursa Wall Street.

Namun juga perlu dicermati pengumuman oleh EIA untuk data persediaan minyak mentah mingguan AS yang jika terealisir menurun seperti yang diindikasikan dalam hasil konsensus, akan membantu menguatkan bursa saham AS ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif jika harga minyak mentah terealisir menguat.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here