Indeks Shanghai 30 Maret Terdukung Komentar Dovish Yellen Dan PenguatanYuan

248
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (29/03), indeks Shanghai berakhir positif, naik 80,47 poin, atau 2,76 persen, pada 3,000.30. Penguatan Indeks Shanghai terdukung komentar dovish Ketua Fed Janet Yellen yang mensinyalkan perlambatan kenaikan suku bunga AS.

Lihat : Akhir Negatif Indeks Shanghai 29 Maret Menantikan Komentar Pejabat Fed

Ketua Federal Reserves AS Janet Yellen menyatakan perlu kehati-hatian untuk kenaikan suku bunga lanjutan.

The Federal Reserve harus melanjutkan dengan hati-hati dalam menyesuaikan kebijakan, demikian Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan Selasa, mengakui bahwa kondisi ekonomi dan keuangan dalam beberapa hal kurang menguntungkan sekarang dibandingkan pada bulan Desember.

Yellen, berbicara kepada Economic Club of New York, mencatat dalam sambutannya yang disiapkan bahwa pembacaan baru pada kekuatan ekonomi AS sejak awal tahun telah mixed. Semua indeks utama AS berbalik positif dan hasil Treasury mencapai multi-minggu terendah setelah rilis pernyataan Yellen ini.

Lihat : Sinyal Dovish Yellen, Kenaikan Suku Bunga Kemungkinan Melambat

Risk appetite membaik setelah Ketua Fed Janet Yellen menekankan perlunya berhati-hati untuk melanjutkan kenaikan suku bunga. Tetapi beberapa pedagang memperingatkan bahwa rally bisa berumur pendek karena ekonomi Tiongkok masih rapuh.

Yuan Tiongkok juga menguat terhadap dolar, dengan pasangan dolar AS / yuan diperdagangkan turun 0,46 persen pada 6,4763 pada sore waktu setempat. Sebelum terbuka pasar, Bank Rakyat China menetapkan kurs tetap yuan mid point di 6,4841, dibandingkan dengan penutupan sebelumnya 6,5065. Bank sentral China memungkinkan munculnya spot rate yuan atau jatuh maksimal 2 persen terhadap dolar, relatif terhadap tingkat penetapan resmi.

Pada akhir perdagangan saham hari ini, saham-saham kapital besar menguat. Saham ICBC naik 1,65%, saham Bank Of China naik 1,8%, saham China Life Insurance naik 3,08%, saham Ping An Insurance naik 2,37%, saham Sinopec naik 4,19%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas penguatan bursa global, namun sentimen kekuatiran ekonomi Tiongkok bisa menjadi penekan. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2903-2806 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3113-3233.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here