Inflasi Jerman Meningkat, Tapi Belum Mencapai Target

350

Tingkat inflasi tahunan di Jerman kembali ke tingkat di atas nol pada bulan Maret, tapi masih jauh di bawah target yang ditetapkan otoritas, data resmi menunjukkan pada hari Rabu.

Dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, harga konsumen Jerman naik 0,3 persen pada Maret 2016, kata kantor statistik Jerman Federal Destatis, mengutip perhitungan awal nya.

germany-inflation-cpi

Diukur dengan indeks harmonisasi harga konsumen (HICP), standar Uni Eropa, inflasi tahunan Jerman juga naik menjadi 0,1 persen pada Maret dari minus 0,2 persen pada Februari.

germany-harmonised-consumer-prices

Peningkatan inflasi di ekonomi terbesar Eropa agak meredakan kekhawatiran Bank Sentral Eropa yang inflasi yang rendah dan tahan lama akan merugikan perekonomian.

Bank sentral menetapkan target inflasi di “bawah, tapi dekat dengan” 2 persen. Awal bulan ini, memotong ketiga suku bunga acuan dan memperluas program pelonggaran kuantitatif untuk membeli aset senilai 80 miliar euro (sekitar 90500000000 dolar AS) per bulan.

Kantor Statistik Uni Eropa dijadwalkan untuk merilis harga Maret data zona euro pada hari Kamis. Analis memperkirakan laju inflasi untuk lebih tinggi dari tingkat minus 0,2 persen pada Februari.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here