Pergerakan Harga Emas Kemarin

438

Pada sesi pagi perdagangan AS hari Selasa kemarin harga emas sedikit turun. Postur tehnikal jangka pendek untuk metal kuning telah berkurang “bullish” pada sesi-sesi belakangan yang mengundang aksi jual berdasarkan analisa grafik diantara trader berjangka jangka pendek. Berkurangnya keengganan menghadapi resiko di pasar dunia sebegitu jauh minggu ini juga merupakan elemen “bearish” untuk emas safe-haven.

Namun pada sesi siang harga emas kembali naik secara moderat dengan pembeli-pembeli yang suka mengambil kesempatan pada saat harga turun, memasuki pasar setelah tekanan jual baru-baru ini yang membawa harga emas turun ke kerendahan selama lima minggu pada hari Senin yang lalu. Trader emas berjangka jangka pendek yang berada pada sisi jual baru-baru ini juga mulai menutup posisi “short” tersebut (short covering).

Impor emas dari Hongkong ke Cina pada bulan lalu mengalami sedikti dorongan dibandingkan dengan permulaan tahun yang muram. Selasa kemarin, menurut data ekspor dari Departemen statistik. 

Emas Comex bulan Juni sempat turun $1.70 di $1,220.20 per ons namun akhirnya naik $7.10 di $1.229.10 per ons.

Perak Comex bulan Mei terakhir turun $0.003 di $15.16 per ons.

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here