Bursa Eropa Bergerak Turun Merespon Pelemahan Minyak Mentah

219

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Kamis tertekan pelemahan minyak mentah dan investor mencermati data pekerjaan AS pada Jumat besok.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 bergerak sekitar 1 persen lebih rendah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.173,52, turun -29,65 poin atau -0,48%

Indeks DAX berada pada posisi 9.981,54, turun -65,07 poin atau -0,65%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.398,79, turun -45,63 poin atau -1,03%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.747,80, turun -122,40 poin atau -1,38%

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Positif Merespon Komentar Dovish Yellen

Pasar Eropa melihat ke depan untuk data inflasi terbaru dari zona euro pada hari Kamis dan pekerjaan AS terbaru pada Jumat. Sentimen di pasar Asia juga sedikit gemetar, dengan beberapa pasar menapak bagian dari reli setelah Ketua Federal Reserve AS pernyataan dovish Janet Yellen awal pekan ini.

Para ekonom memperkirakan pekerjaan AS melaporkan menunjukkan pertumbuhan 200.000 pekerjaan – 187.500 posisi pribadi – dan tingkat pengangguran bertahan stabil pada 4,9 persen. Menjelang laporan kerja yang dipantau cermat, gaji prosesor ADP mengatakan pada hari Rabu bahwa perusahaan swasta menambahkan 200.000 pekerjaan pada bulan Maret.

Dolar AS terus melemah menyusul komentar relatif dovish Yellen, yang meredakan kekhawatiran tentang kemungkinan kenaikan suku bunga April. Sebelum sambutannya, anggota Fed lainnya telah membuat pernyataan yang lebih hawkish.

Komoditas utama berada di wilayah negatif setelah rebound karena harga logam dan minyak merosot pada hari Kamis. Harga minyak mentah berjangka Brent sekitar 0,7 persen lebih rendah pada $ 38,99.

Saham Penambang Glencore, BHP Billiton dan Anglo Amerika berada di merah.

Turunnya harga minyak terjadi setelah Administrasi Informasi Energi AS merilis data Rabu menunjukkan persediaan naik 2,3 juta barel dalam pekan yang berakhir 25 Maret menjadi 534800000 barel, masih di rekor tertinggi. Akibatnya, saham-saham di sektor ini berada di bawah tekanan dengan Finlandia Neste lebih 4,7 persen lebih rendah.

Sektor telekomunikasi adalah fokus setelah operator Perancis Orange dan Bouygues mengatakan mereka akan memperpanjang negosiasi yang selesai sekitar akhir pekan, mengatakan bahwa pembicaraan “belum cukup maju”. Berita itu mengirim saham Bouygues dan Orange melemah tajam dan juga menyeret saham Perancis lainnya di sektor tersebut termasuk Iliad.

Di sektor perbankan, Italia Unicredit bisa menunda rights issue 1,76 miliar euro ($ 2 milyar) untuk Banca Popolare di Vicenza yang ditetapkan untuk April, menurut laporan Reuters, mengutip sumber-sumber. Ini mengirimkan saham di Unicredit rendah dan menyert bank Italia lain yang juga mencari untuk meningkatkan modal lebih lanjut.

Saham perusahaan perjalanan TUI Group naik tajam.

Di depan data, zona euro tetap di deflasi pada Maret, setelah data resmi menunjukkan bahwa harga konsumen turun lagi bulan ini. Kantor statistik resmi Uni Eropa, Eurostat, mengatakan inflasi konsumen adalah – 0,1 persen tahun-ke-tahun pada bulan Maret, setelah – 0,2 persen yang tercatat di bulan Februari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Bursa Eropa akan bergerak mencermati data ekonomi kawasan Eropa dan mencermati pergerakan harga minyak mentah.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here