Harga Emas Turun Tergerus Aksi Profit Taking

366

Harga Emas turun lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan Rabu, terpicu rally pasar saham mendorong investor melakukan aksi profit taking memanfaatkan kenaikan hari sebelumnya oleh nada hati-hati Ketua Fed Janet Yellen untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Komentar Yellen, yang telah mengirim emas naik hampir 2 persen, mengisyaratkan suku bunga kemungkinan akan naik secara bertahap dan meyakinkan investor emas.

Logam mulia ini tetap di jalur untuk kuartal terbaik dalam hampir 30 tahun, naik 15,6 persen, setelah harga rally tajam pada awal tahun karena kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi, terutama di Tiongkok, yang mengguncang pasar saham.

Permintaan untuk tempat berlindung yang aman, dikombinasikan dengan harapan surut untuk kenaikan suku bunga AS Federal Reserve, telah mendorong emas naik lebih dari 16 persen sejak Januari, membuat kuartal ini menjadi terkuat sejak kuartal ketiga tahun 1986.

Harga emas sport berada di $ 1,225.29 per ons, turun 1,32 persen. Harga emas berjangka AS turun $ 8,90 per ons pada $ 1,228.60, dan terakhir diperdagangkan turun $ 9,90 pada $ 1,227.50.

Lihat :Harga Emas Melonjak Terdukung Komentar Dovish Yellen

Pasar saham dunia naik dekat tingkat tertinggi tahun ini pada Rabu, karena investor memutar kembali harapan untuk seberapa cepat dan seberapa jauh tingkat suku bunga AS mungkin meningkat.

Sementara dalam waktu dekat analis mengatakan fokus pasar akan berada di laju peningkatan data ekonomi AS, dengan peningkatan kemungkinan menekan permintaan emas, dukungan kuat untuk emas bisa muncul jika data ekonomi AS memburuk.

Pasar saat ini menunggu data utama yaitu data pekerjaan AS akhir pekan ini.

Di antara logam mulia lainnya, harga perak berjangka turun 0,05 persen pada $ 15,23 per ons, platinum berjangka hampir datar di $ 965,40 per ons dan paladium berjangka turun 1,32 persen pada $ 565,65 per ounce.

Malam nanti akan dirilis data Jobless Claim AS yang diindikasikan meningkat dari sebelumnya.Jika hasil ini terealisir akan menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan berpotensi menguat jika dollar AS terealisir melemah. Harga emas diperkirakan akan berada dalam kisaran Resistance $ 1,227.00-$ 1,229.00. Jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,223.00-$ 1,221.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here