Klaim Tunjangan Pengangguran Meningkat, Masih Sehatkah Pasar Tenaga Kerja AS ?

356

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran secara tak terduga naik minggu lalu, namun penurunan tajam di PHK Maret menyarankan momentum pasar tenaga kerja tetap mantap.

Kekuatan pasar tenaga kerja, namun, belum disertai dengan pertumbuhan upah yang kuat, sehingga tidak mungkin Federal Reserve akan menaikkan suku bunga segera. Bank sentral AS juga berhati-hati pada perkembangan internasional.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara meningkat 11.000 menjadi disesuaikan musiman 276.000 untuk pekan yang berakhir 26 Maret, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Kamis (31/03). Para ekonom memperkirakan klaim yang tersisa tidak berubah pada 265.000 pada minggu terakhir.

united-states-jobless-claims (2)

Aplikasi untuk tunjangan pengangguran kini telah di bawah 300.000, ambang batas yang terkait dengan kondisi pasar tenaga kerja yang sehat, untuk 55 minggu, terpanjang sejak 1973. Dengan pasar tenaga kerja terus memperketat, mungkin ada sedikit ruang untuk penurunan lebih lanjut yang signifikan dalam klaim.

Empat minggu rata-rata bergerak klaim, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dalam tren pasar tenaga kerja, naik 3.500 ke 263.250 minggu lalu.

Dalam laporan terpisah, konsultasi outplacement global Challenger, Gray & Christmas mengatakan pengusaha yang berbasis AS di mengumumkan pemotongan 48.207 pekerjaan bulan ini, turun 21,7 persen dari bulan Februari.

“Pemotongan pekerjaan telah melambat sejak melonjak dalam dua bulan pertama tahun ini,” kata John Challenger, CEO Challenger, Gray & Christmas.

The Fed menaikkan suku bunga pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Ketua Fed Janet Yellen mengatakan pada hari Selasa perlambatan pertumbuhan global dan harga minyak yang lebih rendah menimbulkan risiko penurunan untuk prospek ekonomi domestik, menambahkan bahwa ia menganggap tepat bagi para pembuat kebijakan untuk “berjalan hati-hati dalam menyesuaikan kebijakan.” Data klaim tidak memiliki bantalan pada laporan kerja hari Jumat untuk Maret, karena berada di luar periode survei. Klaim yang rendah bulan lalu, menunjukkan pertumbuhan pekerjaan tetap solid.

Menurut survei Reuters ekonom, nonfarm payrolls mungkin meningkat sebesar 205.000 bulan ini setelah naik 242.000 pada bulan Februari. Tingkat pengangguran diperkirakan tidak berubah pada level terendah delapan tahun 4,9 persen.

Pasar pekerjaan juga mendapat dorongan dari laporan ketiga dari Institute for Supply Management-Chicago, menunjukkan kerja pabrik di wilayah Midwest melompat ke dekat satu tahun pada bulan Maret.

Indeks manufaktur regional ISM-Chicago melonjak 6 poin untuk pembacaan 53,6 bulan ini juga sebagai peningkatan produksi, pesanan baru dan backlogs rangka.

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi dalam kegiatan pabrik di kawasan itu. Kenaikan kuat dalam indeks ISM-Chicago adalah indikasi terbaru bahwa yang terburuk dari kekalahan manufaktur.

Manufaktur, yang menyumbang sekitar 12 persen dari ekonomi AS, telah ditekan oleh dolar yang kuat, pemotongan belanja di sektor energi karena harga minyak yang lebih rendah melemahkan keuntungan, dan permintaan global yang lemah. Upaya perusahaan untuk mengurangi kelebihan persediaan juga telah menyeret penurunan.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here