Akhir Bursa Tokyo 1 April Anjlok Tergerus Penguatan Yen Dan Buruknya Sentimen Bisnis

384
indeks nikkei

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Jumat (01/04), indeks Nikkei ditutup turun –594,51 poin, atau -3,55 persen, ke 16,164.16. Pelemahan indeks Nikkei terpicu penguatan Yen dan merosotnya sentimen perusahaan besar Jepang ke terendah tiga tahun.

Lihat : Indeks Nikkei 1 April Dibuka Turun Tertekan Penguatan Yen

Dollar AS melemah terhadap yen, dengan perdagangan pasangan USDJPY di 112,20 sore ini dibandingkan dengan tingkat setinggi 112,59 semalam. Penguatan yen umumnya buruk bagi eksportir Jepang karena membuat ekspor lebih mahal dan mengurangi nilai pendapatan saat dikonversi.

Saham eksportir utama Jepang berakhir lebih rendah. Saham Toyota turun 3,04 persen, sedangkan saham Honda mengalami kerugian 4,67 persen dan saham Nissan mengalami penurunan 4,25 persen.

Pasar saham Jepang juga tertekan dengan hasil survei Tankan Bank of Japan. Survei melihat sentimen bisnis produsen besar kuartal pertama tahun 2016  pada titik terendah dalam hampir tiga tahun, dan diperkirakan melemah di kuartal kedua, dilaporkan Reuters.

Sentimen bisnis produsen besar Jepang memburuk ke level terendah dalam hampir tiga tahun dan diperkirakan akan memburuk dalam kuartal mendatang, sebuah survei bank sentral yang diawasi ketat menunjukkan pada Jumat (01/04), mempertinggi tekanan pada Perdana Menteri Shinzo Abe dan Bank of Japan untuk berbuat lebih banyak untuk menopang perekonomian yang resesi.

Indeks utama mengukur sentimen produsen besar bulan Maret berdiri di posisi 6, setengah tingkat dilihat tiga bulan lalu dan lebih buruk dari perkiraan pasar rata-rata bertambah 8, survei triwulanan Tankan bank sentral menunjukkan Jumat. Ini adalah angka terendah sejak Juni 2013, ketika produsen besar berdiri di angka 4.

Lihat : Sentimen Bisnis Perusahaan Besar Jepang Merosot Terendah 3 Tahun

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau naik 100 poin atau 0,62% pada 16,280, naik dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 16,180.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei diperkirakan berpotensi melemah terbatas dengan potensi kekuatiran pelemahan ekonomi Jepang dan penguatan Yen. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 15,774-15,261, dan kisaran Resistance 16,769-17,252.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here