Aktifitas Manufaktur Tiongkok Naik Pertama Kali Dalam 9 Bulan

338

Aktivitas manufaktur Tiongkok secara tak terduga diperluas pada Maret untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan, survei resmi menunjukkan pada hari Jumat (01/04), menambah harapan bahwa tekanan pada ekonomi terbesar kedua di dunia mulai mereda.

Indeks Pembelian Manajer resmi (PMI) naik menjadi 50,2 pada Maret, naik dari bulan sebelumnya 49 tapi masih hanya sedikit di atas batas 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan. Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan 49,3.

china-business-confidence (3)

Pembacaan Februari adalah yang terlemah sejak 2011. Namun beberapa ekonom mengatakan waktu liburan Tahun Baru Imlek bulan lalu yang mungkin telah mempengaruhi angka itu.

Harapan bahwa sektor manufaktur yang lama tertekan dapat keluar dari posisi terbawahnya yang dipicu oleh data laba industri baru-baru ini yang menunjukkan penghasilan gabungan naik 4,8 persen dalam dua bulan pertama tahun dari periode yang sama pada 2015, mengakhiri tujuh bulan berturut penurunan.

Beberapa analis mengatakan bahwa perbaikan dapat dikaitkan sebagian pemulihan pasar properti yang tumbuh dan menghasilkan peningkatan aktivitas pembangunan, meningkatkan permintaan untuk bahan bangunan dari semen, kaca dan baja.

Pabrik Tiongkok juga telah mengekspor sejumlah besar produk baja untuk mempertahankan arus kas, memicu tuduhan dumping dari beberapa mitra dagang utama.

Selain itu, harga energi dan komoditas global mengadakan pemulihan terbatas dalam beberapa pekan terakhir, yang mungkin telah didukung keuntungan lesu di perusahaan minyak dan pertambangan dan mengurangi tekanan pada neraca mereka.

Investasi real estat Tiongkok naik 3 persen dalam dua bulan pertama 2016 dalam tahun-ke-tahun, mempercepat dari kenaikan hanya 1 persen di seluruh tahun 2015, meskipun kelebihan besar rumah yang tidak terjual bisa menjaga keuntungan pasar lebih lanjut.

Beberapa analis mengatakan kepercayaan bisnis juga telah meningkat karena kekhawatiran depresiasi tajam dalam mata uang yuan telah mereda.

Sementar itu, pertumbuhan di sektor jasa Tiongkok tumbuh kuat.

Indeks non resmi manufaktur Purchasing Managers (PMI) naik menjadi 53,8 pada Maret, naik dari bulan sebelumnya 52,7 dan jauh di atas batas 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan.

china-non-manufacturing-pmi (2)

Dengan manufaktur dalam kemerosotan berkepanjangan, layanan telah menjadi sumber penting dari pertumbuhan dan lapangan pekerjaan bagi Tiongkok selama tahun lalu, dan analis telah mengawasi dengan cermat untuk melihat apakah sektor ini dapat mempertahankan momentum pada tahun 2016.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here