Bursa Eropa Bergerak Negatif Mencermati Data Pekerjaan AS

336

Bursa Eropa diperdagangkan melemah tajam pada awal perdagangan hari Jumat (01/04) menjelang data pekerjaan AS yang dipantau cermat yang bisa mengungkapkan lebih lanjut tentang keadaan kesehatan ekonomi AS.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 1,5 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.092,32, turun -82,58 poin atau -1,34%

Indeks DAX berada pada posisi 9.795,38, turun -170,13 poin atau -1,71%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.300,87, turun -84,19 poin atau -1,92%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.616,50, turun -106,60 poin atau -1,22%

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Turun Merespon Pelemahan Minyak Mentah

Pasar global akan difokuskan pada laporan kerja terbaru AS pada hari Jumat. Para ekonom memprediksikan bahwa penambahan 205.000 pekerjaan pada bulan Maret dan pengangguran yang tetap stabil di 4,9 persen.

Namun, ada spekulasi bahwa jumlah pekerjaan bisa datang di bawah, mengingat bahwa data Maret cenderung untuk datang di bawah perkiraan konsensus untuk beberapa tahun.

Sementara itu di Asia, pasar saham berakhir lebih rendah meskipun survei manufaktur Tiongkok yang lebih baik dari perkiraan, dan hasil ekonomi Jepang yang mengecewakan investor.

Indeks manufaktur resmi Pembelian Manajer China (PMI) datang di 50,2 untuk Maret, di atas perkiraan 49,3 dari jajak pendapat Reuters, kembali ke pertumbuhan untuk pertama kalinya sejak Juli. Sebuah peningkatan yang serupa terlihat di Caixin manufaktur PMI untuk bulan Maret.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 anjlok 3,04 persen, karena pasar mencerna survei Tankan Bank Sentral Jepang. Survei melihat sentimen bisnis produsen besar ‘pada titik terendah dalam hampir tiga tahun, dan itu diatur untuk melemah di kuartal kedua, dilaporkan Reuters.

Pada berita lainnya harga logam terdorong lebih tinggi. Saham Arcelor Mittal lebih tinggi pada awal perdagangan tetapi penambang lainnya termasuk BHP Billiton dan Anglo Amerika berada di wilayah negatif.

Dalam berita komoditas lainnya, harga minyak mentah berjangka Brent turun di perdagangan London tapi harga masih di atas $ 40 per barel. Namun sentimen negatif membebani pasar mengirim saham-saham seperti Petrofac dan BP lebih rendah.

Sektor mewah masih menjadi fokus bagi investor setelah Barclays menurunkan target harga untuk Richemont, pemilik Piaget dan merek jam tangan IWC, mengirimkan saham di perusahaan Swiss tersebut lebih rendah.

Saham pembuat jam Swiss Swatch Group di wilayah negatif sementara saham Burberry dan LVMH diperdagangkan lebih rendah.

Dalam berita saham individu, saham di Zurich Insurance turun 9 persen setelah disebut dalam laporan Reuters sebagai calon pembeli unit manajemen kekayaan Italia Old Mutual.

Dewan Home Retail setuju tawaran pengambilalihan Sainsbury £ 1,4 miliar ($ 2 milyar) untuk pemilik Argos. Saham kedua perusahaan lebih rendah.

Saham pembuat mobil Jerman BMW, Daimler dan Volkswagen, pemilik Audi, semua lebih rendah setelah laporan bahwa Amazon mencari saham HERE Nokia’s mapping system yang raksasa otomotif tersebut beli tahun lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data pekerjaan AS yang akan dirilis malam ini, yang jika membukukan hasil buruk dapat menekan bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here