Indeks Shanghai 1 April Ditutup Positif Terdorong Penguatan Manufaktur Tiongkok

366
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (01/04), indeks Shanghai berakhir positif, naik 5,06 poin, atau 0,17 persen, pada 3008.98. Penguatan Indeks Shanghai terdorong kenaikan aktifitas manufaktur Tiongkok yang naik pertama kali dalam sembilan bulan.

Lihat : Awal Indeks Shanghai 1 April Negatif Terganjal Penurunan Prospek Ekonomi

Jika pada perdagangan saham pagi hingga siang tadi investor masih tertekan sentimen proyeksi negatif yang diberikan oleh lembaga pemeringkat S&P kemarin, dimana lembaga pemeringkat Standard & Poor (S & P) menurunkan prospek Tiongkok dari stabil menjadi negatif pada hari Kamis (31/03), memperingatkan bahwa memerlukan waktu lebih lama dalam rebalancing ekonomi dari yang diperkirakan.

Badan yang berbasis di AS ini juga mengatakan penurunan yang dimotivasi oleh pandangan bahwa reformasi yang sangat dibutuhkan untuk perusahaan milik negara besar yang tidak efisien mungkin “cukup” untuk mengurangi risiko pertumbuhan kredit.

Ini memproyeksikan ekonomi akan berkembang pada 6 persen atau lebih selama tiga tahun ke depan, namun diperkirakan bahwa utang pemerintah akan naik menjadi 43 persen dari PDB.

Namun dikatakan penilaian bisa stabil jika Beijing mengambil langkah-langkah untuk mendinginkan pertumbuhan kredit sehingga lebih sesuai dengan PDB nominal.

Lihat : S&P Turunkan Proyeksi Ekonomi Tiongkok Menjadi Negatif

Namun investor mencermati hasil aktifitas manufaktur yang yang naik pertama kali dalam sembilan bulan.

Aktifitas manufaktur Tiongkok secara tak terduga diperluas pada Maret untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan, survei resmi menunjukkan pada hari Jumat (01/04), menambah harapan bahwa tekanan pada ekonomi terbesar kedua di dunia mulai mereda.

Indeks Pembelian Manajer resmi (PMI) naik menjadi 50,2 pada Maret, naik dari bulan sebelumnya 49 tapi masih hanya sedikit di atas batas 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan. Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan 49,3.

Sementara itu, pertumbuhan di sektor jasa Tiongkok tumbuh kuat. Indeks non resmi manufaktur Purchasing Managers (PMI) naik menjadi 53,8 pada Maret, naik dari bulan sebelumnya 52,7 dan jauh di atas batas 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Tiongkok Naik Pertama Kali Dalam 9 Bulan

Pada akhir perdagangan saham sore ini, saham-saham produsen logam Tiongkok berakhir lebih tinggi, dengan saham Baotou Steel naik 1,69 persen dan saham Baoshan Steel lebih tinggi sebesar 1,52 persen, sedangkan saham Yunnan Copper naik 1,76 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas merespon penguatan data manufaktur Tiongkok. Namun jika akhir pekan ini ada sentimen negatif yang menekan ekonomi Tiongkok, dapat melemahkan pergerakan indeks. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2908-2806 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3112-3223.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here