Bursa Eropa Berawal Positif Mengabaikan Pelemahan Sektor Telekomunikasi

282

Pasar Saham Eropa dibuka naik pada pembukaan perdagangan Senin (04/04), meski perdagangan berombak, karena investor mencoba mengabaikan penurunan tajam saham-saham telekomunikasi dan menatap pemulihan potensi harga minyak.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 membalikkan kerugian awal untuk perdagangan 0,7 persen lebih tinggi di perdagangan awal , dengan sebagian besar sektor di wilayah positif.

London FTSE 100 naik 0,5 persen, sementara rekan-rekan Eropa pulih dari tetes sebelumnya. CAC 40 Prancis muncul 1 persen meskipun sejumlah saham telekomunikasi Perancis yang terdaftar jatuh, sementara DAX Jerman naik 0,9 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.185,29, naik 39,24 poin atau 0,64%

Indeks DAX berada pada posisi 9.891,26, naik 96.62 poin atau 0.99%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.370,21, naik 47,97 poin atau 1,11%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.704,20, naik 101,90 poin atau 1,18%

Pasar Eropa telah mencerna data pekerjaan terbaru dari AS yang keluar Jumat lalu. Ekonomi AS menambahkan 215.000 pekerjaan pada Maret, menurut data nonfarm payroll dari Departemen Tenaga Kerja, mengalahkan ekspektasi pasar. Namun, tingkat pengangguran lebih tinggi menjadi 5,0 persen. Saat ini investor akan mencermati komentar lebih lanjut dari anggota Federal Reserve, akan berpidato pada hari Senin.

Pasar Asia berakhir mixed pada hari Senin, dengan saham di Jepang kehilangan beberapa keuntungan sebelumnya karena yen menguat.

Harga minyak mentah mengurangi sebagian besar kerugian mereka tetapi tetap di wilayah negatif selama sesi Senin, dengan perdagangan minyak mentah berjangka Brent dan WTI masing-masing di bawah $ 39 dan $ 37. Kenaikan harga dibatasi karena harapan produsen OPEC akan menemukan kesepakatan atas cara pembekuan produksi memudar; dengan Iran mengatakan akan terus meningkatkan produksi sampai mencapai posisi pasar yang menguntungkan, menurut Reuters.

Meskipun penurunan harga logam dan perdagangan lemah dalam minyak, sumber daya dasar melihat beberapa keuntungan sedikit, dengan Rio Tinto naik lebih dari 2 persen dan Anglo American perdagangan di atas 1 persen.

Dalam berita perusahaan, Bouygues duduk di dekat bagian bawah benchmark Eropa, turun lebih dari 15 persen, setelah pembicaraan kesepakatan dengan Orange runtuh pada hari Jumat. Orange telah berupaya membeli saingannya sekitar 10 miliar euro.

Saham Orange merosot merespon berita ini, turun lebih dari 4 persen, dengan sejumlah perusahaan memangkas target harga mereka untuk perusahaan. Secara keseluruhan, sektor ini adalah salah satu pemain terburuk, turun di atas 1 persen, dengan saham telekomunikasi Iliad, Altice dan Numericable-SFR semua melemah tajam.

Deutsche Bank kehilangan posisinya sebagai tiga bank investasi terkemuka dunia, menurut data terakhir dari Koalisi rumah penelitian. Saham mengurangi kerugian awal untuk perdagangan kira-kira datar meskipun seperti sektor perbankan mengalami pemulihan.

Marks and Spencer naik 1 persen, sebagai Peel berburu menaikkan target harga pada saham. Ini datang sebagai Steve Rowe mengambil peran barunya sebagai CEO dari rantai ritel Inggris.

Pemain top Eropa Stagecoach Group, naik lebih dari 5 persen, diikuti oleh saham RWE, yang naik hampir 4 persen setelah Societe Generale menaikkan sahamnya dari “tahan” untuk “membeli”.

Pada data ekonomi, pengangguran zona euro untuk Februari turun sedikit menjadi 10,3 persen, turun dari 10,4 persen pada Januari, menurut kantor statistik resmi Uni Eropa, Eurostat. Angka ini merupakan yang terendah tercatat di wilayah tersebut sejak Agustus 2011.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah pada perdagangan hari ini dan mencermati pernyataan-pernyataan anggota dewan kebijakan The Fed menjelang FOMC Minutes.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here