Data Pekerjaan AS Maret Mantap, Pertimbangan Penting The Fed Untuk Kebijakan Suku Bunga

569

Data pekerjaan AS meningkat kuat di bulan Maret, menggarisbawahi ketahanan ekonomi, tetapi meningkatnya orang Amerika masuk ke dalam pasar tenaga kerja bisa menimbulkan pertumbuhan upah dan menjaga Federal Reserve berhati-hati tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Nonfarm payrolls naik 215.000 bulan lalu dan tingkat pengangguran naik tipis menjadi 5,0 persen dari level terendah delapan tahun 4,9 persen, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Jumat. Tingkat pengangguran meningkat karena lebih banyak orang terus masuk atau masuk kembali ke pasar tenaga kerja, tanda kepercayaan di pasar kerja AS.

united-states-non-farm-payrolls (1)

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan nonfarm payrolls meningkat 205.000 pada bulan Maret dan tingkat pengangguran bertahan stabil pada 4,9 persen. Ekonomi menciptakan 1.000 pekerjaan lebih sedikit pada bulan Januari dan Februari dari yang dilaporkan sebelumnya.

united-states-unemployment-rate (2)

Penghasilan per jam rata-rata naik tujuh sen setelah tergelincir pada bulan Februari. Pasar tenaga kerja yang sebagian besar telah mengabaikan melambatnya pertumbuhan ekonomi global, dolar AS kuat yang telah menekan ekspor manufaktur dan hambatan pada keuntungan sektor energi dari minyak murah.

Ekonom melihat dampak yang terbatas pada kebijakan moneter dalam jangka dekat dari laporan pekerjaan yang kuat, seperti meningkatnya jumlah orang yang masuk pasar tenaga kerja mendukung pandangan Fed Ketua Janet Yellen tetap kendur di pasar pekerjaan.

The Fed juga tampaknya lebih terfokus pada perkembangan internasional. Yellen mengatakan pekan ini bahwa perlambatan pertumbuhan dunia dan harga minyak yang lebih rendah menimbulkan risiko penurunan untuk prospek ekonomi AS, menambahkan bahwa ia menganggap tepat bagi para pembuat kebijakan untuk “berjalan hati-hati dalam menyesuaikan kebijakan.”

Pejabat Fed bulan lalu menurunkan ekspektasi pertumbuhan ekonomi mereka dan diperkirakan hanya dua kenaikan suku bunga tahun ini. Bank sentral AS menaikkan suku bunga pada bulan Desember tahun lalu untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Pasar keuangan melihat peluang 27 persen kenaikan pada pertemuan kebijakan Fed bulan Juni, kesempatan 52 persen dari langkah tersebut pada bulan September dan probabilitas 65 persen pada pertemuan Desember, menurut CME FedWatch.

Lihat : Pekerjaan Swasta AS Bulan Maret Bertambah 200.000

Laporan pekerjaan datang pada data terbaru menunjukkan belanja konsumen lamban dan investasi bisnis yang lemah modal dalam dua bulan pertama tahun ini, serta memburuknya neraca perdagangan.

Laporan tersebut membuat ekonom untuk memangkas kuartal pertama perkiraan pertumbuhan PDB mereka ke level 0,9 persen kecepatan tahunan dari setinggi tingkat 2,0 persen. Ekonomi tumbuh pada tingkat 1,4 persen pada kuartal keempat.

Data lain pada hari Jumat menunjukkan aktivitas diperluas di Maret untuk pertama kalinya dalam enam bulan karena pesanan baru manufaktur naik, menunjukkan yang terburuk dari kekalahan pabrik usai. The Institute for Supply Management mengatakan indeks aktivitas pabrik nasional naik 2,3 poin ke pembacaan 51,8 pada bulan Maret.

Secara terpisah, penjualan mobil melambat tajam pada bulan Maret untuk tingkat 16.570.000 unit dari kecepatan 17.540.000 unit pada bulan Februari, menurut Autodata.

Upah meningkat bulan lalu, dengan penghasilan per jam rata-rata naik 0,3 persen. Yang mengangkat pendapatan keuntungan tahun-ke-tahun menjadi 2,3 persen dari 2,2 persen pada Februari, perkembangan yang disambut setelah goyangan baru-baru ini dalam sentimen konsumen.

Para ekonom mengatakan pertumbuhan upah antara 3,0 persen dan 3,5 persen diperlukan untuk mengangkat inflasi dengan target 2,0 persen Fed. Meskipun ukuran inflasi yang disukai Fed saat ini di 1,7 persen, Yellen telah menyatakan keraguan atas kesinambungan dari keuntungan.

Tingkat partisipasi angkatan kerja, atau pangsa usia kerja Amerika yang dipekerjakan atau setidaknya mencari pekerjaan, naik sepersepuluh persentase poin ke level tertinggi dua tahun dari 63 persen pada Maret.

Ini telah meningkat 0,6 persen poin sejak turun ke 62,4 persen pada September. Sekitar 2,4 juta orang masuk atau kembali memasuki pasar kerja sejak September, kenaikan terbesar kedua di angkatan kerja selama enam bulan pada catatan.

Partisipasi naik di hampir semua kelompok umur serta antara pria dan wanita. Rasio kerja-untuk-populasi meningkat ke level tertinggi tujuh tahun dari 59,9 persen dari 59,8 persen pada Februari.

Namun, ukuran luas pengangguran yang mencakup orang-orang yang ingin bekerja tetapi telah menyerah mencari dan mereka yang bekerja paruh waktu karena mereka tidak dapat menemukan pekerjaan penuh-waktu naik ke 9,8 persen bulan lalu dari lebih dari 7,5 tahun rendah 9,7 persen.

Keuntungan kerja Maret yang berbasis luas. Manufaktur, bagaimanapun, kehilangan 29.000 pekerjaan, paling sejak Desember 2009, meskipun tanda-tanda stabilisasi di sektor pabrik.

Pertambangan membersihkan 12.000 pekerjaan lebih bulan lalu. Payrolls pertambangan telah menurun 185.000 pekerjaan sejak memuncak pada bulan September 2014, dengan tiga perempat dari kerugian dalam dukungan kegiatan.

Penyedia jasa ladang minyak Schlumberger (SLB.N) dan Halliburton Co (HAL.N) telah mengumumkan ribuan PHK ketika mereka mencoba untuk mengatasi berkurangnya keuntungan dari kemerosotan berkepanjangan harga minyak.

Payrolls konstruksi naik 37.000, meningkat untuk bulan kesembilan. Pekerja ritel melonjak 47.700 setelah naik kuat pada bulan Januari dan Februari meskipun penjualan lemah. Gaji pemerintah meningkat 20.000 bulan lalu.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here