Indeks Kospi 4 April Dikuatkan Harapan Perlambatan Suku Bunga AS Dan Penguatan Won

244
indeks kospi

Pada pembukaan perdagangan bursa saham Korea Selatan awal pekan Senin (04/04), bergerak flat. Indeks Kospi sempat dibuka negatif, namun saat ini terpantau naik 1,66 poin, atau 0,08 persen, pada 1975.23. Pergerakan indeks Kospi terbantu data pekerjaan AS yang kuat namun belum mampu memberikan sentimen positif untuk kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat ini dan juga penguatan mata uang Won.

Lihat : Bursa Seoul 1 April Berakhir Lemah Terganjal Penurunan Inflasi Dan Ekspor

Pada hari Jumat kemarin, data menunjukkan bahwa pengusaha AS menambahkan 215.000 pekerjaan pada Maret, yang sebagian besar sejalan dengan harapan. Tingkat pengangguran naik menjadi 5%, meskipun itu sebagian besar karena lebih banyak orang berjuang untuk dapat mencari pekerjaan.

Angka-angka pekerjaan AS ini menguat namun masih dianggap “netral,” karena tidak cukup baik untuk meningkatkan spekulasi untuk kenaikan suku bunga AS lebih cepat. Angka ini juga tidak cukup buruk untuk menyalakan kekhawatiran tentang memburuknya ekonomi.

Lihat : Data Pekerjaan AS Maret Mantap, Pertimbangan Penting The Fed Untuk Kebijakan Suku Bunga

Pada awal perdagangan saham, mata uang Won menguat terhadap dollar AS. Mata uang lokal diperdagangkan pada 1,150.50 won terhadap dolar AS, naik 3,7 won dari penutupan Jumat.

Pagi ini terpantau saham-saham teknologi diperdagangkan mixed, dengan saham Samsung Electronics naik 0,16 persen, sementara saham pembuat chip SK Hynix turun 1,06 persen. Sedangkan saham LG Electronics naik 1,48 persen.

Demikian juga operator seluler mixed, dengan saham SK Telecom menurun 0,95 persen sementara saham LG Uplus, naik tipis 0,45 persen. Sedangkan saham KT turun 0,84 persen.

Sementara untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 085 poin atau 0,35% pada 243.40, turun dari posisi penutupan sebelumnya pada 242.55.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Kospi selanjutnya berpotensi menguat terbatas jika mata uang Won terus lanjutkan penguatan, sementara belum ada fundamental lain yang menguatkan indeks. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 240.65-237.91 dan kisaran Resistance 246.14-249.46.

 


Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here