Ulang Tahun Ke-26 Masuk BEI, Saham ASII Menguat Terbatas

236

Pada hari ini, Senin, 4 April 2016, PT Astra International Tbk (ASII) memperingati Ulang Tahun ke-26 pencatatan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham ASII pertama kali dicatatkan di BEI pada tanggal 4 April 1990.

Untuk mengembangkan bisnisnya, yaitu bisnis infrastruktur, logistik dan lainnya, binis Astra ini dikelola oleh tiga anak perusahaan  yaitu PT Astratel Nusantara (Astratel), PT Intertel Nusaperdana (Intertel) dan PT Serasi Autoraya (SERA). Astratel dan Intertel menangani bisnis infrastruktur yang mencakup konsesi pembangunan dan pengelolaan jalan tol, bisnis layanan air bersih dan pelabuhan laut. Sedangkan SERA menyediakan layanan jasa transportasi dan logistik.

Bisnis jalan tol yang selama ini dihandle anak usahanya PT Astratel Nusantara (Astratel) sudah menguasai 25 persen saham PT Trans Marga Jateng untuk proyek jalan tol Trans Jawa sepanjang 73 km untuk ruas Semarang-Solo. Selain itu menguasai 72,45 persen saham dari PT Marga Mandalasakti sebagai kontraktor proyek ruas tol Tangerang – Merak sepanjang 72,45 km. Demikian juga perseroan kuasai proyek ruas tol Jombang – Mojokerto sepanjang 40,5 km. Baru-baru ini perseroan menambah jalur tol yang dikuasai untuk daerah pulau Jawa sehingga sekarang mencapai 197,2 km.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham hari Senin (04/04), saham ASII dibuka  pada posisi 7325 dan penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 7325 dan bergerak dalam kisaran 7325 – 7425 dengan volume perdagangan saham mencapai 11,45 juta saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ASII sebelumnya bergerak dengan indikator MA  bergerak naik  dan indikator Stochastic  bergerak di area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  dengan  +DI yang  bergerak naik menunjukan penguatan  ASII terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading hari ini pada target level support di level 7075 hingga target resistance di level 7525.

 

H Bara/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here