Aktifitas Sektor Jasa Maret AS Meningkat

588

Perusahaan di sektor jasa AS seperti penyedia layanan kesehatan dan pengecer tumbuh pada Maret di laju tercepat sejak Desember, menunjukkan ekonomi AS membaik setelah awal yang lambat untuk kuartal pertama.

Institute for Supply Management mengatakan indeks non manufaktur naik menjadi 54,5% pada bulan Maret dari 53,4% pada bulan Februari. Bacaan lebih dari 50% mengambarkan banyak bisnis yang berkembang bukan menurun.

united-states-non-manufacturing-pmi

Dua belas dari 18 industri jasa utama melaporkan pertumbuhan pada bulan Maret. Sektor ini menyumbang lebih dari 80% dari pekerjaan Amerika dan saat ini menjadi landasan ekonomi. Sektor layanan masih memperluas sinyal perekonomian yang tumbuh dengan kecepatan sedang meskipun kelemahan dalam energi, ekspor lembut dan investasi bisnis.

Indeks pesanan baru naik 1,2 poin menjadi 56,7% sementara pekerjaan beringsut kembali ke wilayah positif, naik 0,6 poin menjadi 50,3%. Ukuran kerja telah berubah negatif pada bulan Februari untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

Survei dikompilasi dari kuesioner dari para eksekutif yang membeli persediaan untuk perusahaan mereka dan cenderung naik pada musim gugur seiring dengan perekonomian yang lebih meningkat.

Sebuah survei serupa oleh perusahaan swasta Markit juga menemukan sebuah kenaikan dalam bisnis pada bulan Maret. Indeks jasa Markit melompat 51,3 dari level terendah tiga tahun pada 49,7.

Pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal pertama tampaknya melambat dalam beberapa bulan pertama dan naik sedikit pada bulan Maret. Namun, produk domestik bruto kuartal pertama diperkirakan akan tumbuh hanya 1,5% setelah 1,4% dalam tiga bulan terakhir 2015.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here