Neraca Perdagangan Februari AS Melebar, Ekspor Rebound

493
Defisit perdagangan AS melebar lebih dari yang diperkirakan pada bulan Februari sebagai rebound ekspor diimbangi oleh peningkatan impor, indikasi terbaru bahwa pertumbuhan ekonomi tetap lemah pada kuartal pertama.
 
Departemen Perdagangan AS mengatakan pada hari Selasa (05/04) kesenjangan perdagangan meningkat 2,6 persen menjadi $ 47,1 miliar. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan defisit perdagangan naik menjadi $ 46,2 miliar pada bulan Februari. Ketika disesuaikan dengan inflasi, defisit naik menjadi $ 63,3 miliar, terbesar sejak Maret tahun lalu, dari $ 61,8 miliar pada bulan Januari.
 
united-states-balance-of-trade (1)
 
Pada bulan Februari, ekspor barang naik 1,6 persen menjadi $ 118,6 miliar, meningkat untuk pertama kalinya sejak September. Ekspor keseluruhan barang dan jasa naik 1,0 persen menjadi $ 178,1 miliar.
 
Ekspor telah melemah melemahkan oleh penguatan dolar, yang telah membuat barang yang diproduksi AS relatif mahal untuk negara-negara dari mitra dagang utamanya. Perlambatan pertumbuhan di Eropa dan Tiongkok juga telah mengikis permintaan barang AS.
 
united-states-exports
 
Tetapi dengan memudarnya rally dolar, kenaikan baru ekspor Februari kemungkinan akan bertahan. Sebuah survei pekan lalu menunjukkan kenaikan pesanan ekspor baru yang diterima oleh pabrik-pabrik naik pada Maret ke level tertinggi sejak Desember 2014.
 
Dolar turun 1,3 persen pada basis perdagangan-tertimbang sepanjang tahun ini setelah mendapatkan sekitar 20 persen terhadap mata uang mitra dagang utama Amerika Serikat antara Juni 2014 dan Desember 2015.
 
Pada bulan Februari, terjadi peningkatan ekspor makanan, mobil dan suku cadang, serta barang-barang konsumen. Tapi ekspor pasokan industri dan bahan terendah sejak Maret 2010. Modal ekspor barang mencapai tingkat terendah sejak November 2011. Ekspor Minyak jatuh ke level terendah sejak September 2010.
 
Ekspor ke Uni Eropa melonjak 10,2 persen, sedangkan barang yang dikirim ke Kanada dan Meksiko naik 6,0 persen dan 0,9 persen masing-masing. Ekspor ke Tiongkok turun 2 persen.
 
Impor barang dan jasa naik 1,3 persen menjadi $ 225,1 miliar. Impor meningkat oleh upaya berkelanjutan perusahaan untuk mengurangi kelebihan persediaan. Harga minyak yang lebih rendah dan peningkatan produksi energi dalam negeri juga membantu untuk mengekang tagihan impor.
 
united-states-imports
 
Pada bulan Februari, impor didorong oleh lonjakan impor makanan, yang mencapai rekor tertinggi. Tapi impor pasokan industri dan bahan yang terendah sejak Mei 2009 di bulan Februari. Impor minyak menyentuh level terendah sejak September 2002. Harga minyak rata-rata $ 27,48 per barel pada bulan Februari, yang termurah sejak Desember 2003.
 
Impor dari Tiongkok jatuh 2,7 persen. Penurunan impor melebihi penurunan ekspor, mendorong sensitif secara politis defisit perdagangan AS-Tiongkok turun 2,8 persen menjadi $ 28,1 miliar pada bulan Februari.
 
 
Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here