Presiden Fed Boston Dukung Kenaikan Suku Bunga Lebih Cepat

832

The Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga tahun ini di luar perkiraan pasar saat ini karena risiko terhadap ekonomi AS dari luar negeri memudar, kata seorang pejabat Fed pada hari Senin.

Dalam pidato yang optimis tidak seperti biasanya yang dovish, Presiden Fed Boston Eric Rosengren mengatakan hal itu “mengejutkan” bahwa pasar berjangka saat ini menyiratkan satu atau nol tingkat kenaikan tahun ini, prediksi tersebut menurutnya “terlalu pesimis.”

Lihat : Data Pekerjaan AS Maret Mantap, Pertimbangan Penting The Fed Untuk Kebijakan Suku Bunga

Bank sentral menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam satu dekade pada bulan Desember, tetapi tidak berubah pada pertemuan kebijakan Maret karena perlambatan di luar negeri dan volatilitas pasar awal tahun. Setelah pidato hati-hati oleh Ketua Fed Janet Yellen minggu lalu, pasar berjangka berharap langkah selanjutnya kenaikan suku bunga akan terjadi pada bulan September.

“Risiko tampaknya akan mereda bahwa masalah dari luar negeri akan cukup untuk mengganggu pemulihan volatilitas pasar AS yang telah jatuh parah,” kata Rosengren, pemilih pada kebijakan tahun ini.

“AS telah mengatasi guncangan asing cukup baik … dan saya percaya itu mungkin akan tepat untuk melanjutkan jalan pengetatan bertahap lebih cepat dari yang tersirat oleh pasar berjangka keuangan,” sepanjang pemulihan berlanjut, katanya.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here