Harga Emas Rebound Terpicu Pelemahan Bursa Global Dan Dollar AS

632

Harga Emas rebound sekitar 1 persen pada penutupan perdagangan Selasa, mematahkan dua hari kerugian karena permintaan safe haven menguat terdorong pelemahan pasar saham global dan dolar AS turun ke level terendah 17-bulan terhadap yen.

Harga emas spot naik 1,33 persen pada $ 1,230.89 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni ditutup naik 0,8 persen pada $ 1,229.60 per ons dan terakhir diperdagangkan naik 1,09 persen pada $ 1,232.60.

Lihat : Harga Emas Turun Terganjal Pernyataan Hawkish Pejabat Fed

Pasar saham di seluruh dunia merosot menyusul data ekonomi yang lemah dari Eropa dan Amerika Serikat, dengan indeks Global MSCI jatuh 1,3 persen, di jalur untuk hari terburuk sejak awal Februari.

Defisit perdagangan AS melebar lebih dari yang diperkirakan pada bulan Februari, indikasi terbaru bahwa pertumbuhan ekonomi melemah pada kuartal pertama.

Lihat : Neraca Perdagangan Februari AS Melebar, Ekspor Rebound

Harga emas mengurangi keuntungan setelah laporan industri menunjukkan sektor jasa ekonomi AS tumbuh lebih cepat pada bulan Maret.

Lihat : Aktifitas Sektor Jasa Maret AS Meningkat

Sementara itu pada hari Senin, Presiden Fed Boston Eric Rosengren menyatakan terkejut bahwa pasar berjangka saat ini menyiratkan hanya satu atau tidak ada suku bunga meningkat tahun ini. Presiden Fed Chicago Charles Evans mengatakan pada hari Selasa bahwa pasar keuangan lebih pesimis dibandingkan bank sentral AS dalam kenaikan suku bunga AS.

“Sementara ketidakpastian dalam pasar keuangan telah membuat Fed enggan menaikkan suku lebih lanjut dalam waktu dekat, pasar tenaga kerja yang ketat dan inflasi inti tangguh cenderung menyebabkan Fed untuk memberikan titik kenaikan 25 basis poin sebelum akhir tahun,” Societe Generale mengatakan dalam sebuah catatan.

Di antara logam mulia lainnya, harga perak berjangka naik 1,24 persen pada $ 15,13 per ons, harga platinum berjangka naik 0,8 persen pada $ 951,30 sementara harga paladium berjangka turun 1,23 persen pada $ 545,25.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga emas akan mencermati pergerakan bursa Asia pagi ini, yang jika melemah akan menguatkan harga emas. Untuk perdagangan malam nanti akan mencermati bursa Eropa dan AS, juga pergerakan harga minyak mentah, yang jika melemah juga berpotensi menguatkan harga emas. Harga emas diperkirakan akan berada dalam kisaran Resistance $ 1,233.00-$ 1,235.00. Jika harga retreat akan menembus kisaran Support  1,229.00-$ 1,227.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here