Rupiah Rabu Sulit Bergerak Bullish

505

Mengakhiri perdagangan  pasar valas tanah air hari Rabu (6/04), rupiah yang sempat bergerak positif setelah dibuka negatif pagi hari kesulitan melanjutkan kekuatan siang hari. Kuatnya dollar AS menekan pasar valas kawasan Asia hari Rabu juga turut melemahkan rupiah. Dollar semakin kuat mendapat sentimen positif pasar akan pernyataan 2 pejabat Fed malam nanti.

Meskipun rupiah melemah namun penguatan siang tadi menambah  aksi beli investor asing pada saham-saham besar di perdagangan bursa saham. Terpantau asing  melakukan banyak aksi beli sehingga tercetak net buy sebesar Rp11 miliar lebih. Dukungan modal asing  ini  berhasil membuat  IHSG bullish  dan ditutup naik 0,2% ke posisi 4868.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,12% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13238/US$ setelah dibuka lemah pada level Rp13195/US$. Dari sisi kurs jisdor  rupiah Rabu  memang diperlemah demikian juga untuk kurs BI diperlemah dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini dilemahkan  ke posisi 13223 dari hari sebelumnya 13217 pada hari Selasa (5/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13289   dari posisi 13283 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah  bergerak positif kembali  meski pada akhirnya    dollar  menguat diakhir perdagangan malam ini.

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here