Bursa Eropa Mixed Mencermati Penurunan Minyak Mentah Dan Risalah ECB

284

Pasar Saham Eropa jatuh bergerak mixed pada awal perdagangan hari Kamis (07/04), dengan investor mencermati penurunan dalam harga minyak dan menantikan risalah pertemuan Bank Sentral Eropa.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,3 persen, dengan sebagian sektor besar lebih rendah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.165,67, naik 4.04 poin atau 0,07%

Indeks DAX berada pada posisi 9.627,08, naik 2.57 poin atau 0,03%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.280,45, turun -4,19 poin atau -0,10%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.342,70, turun -55,90 poin atau -0,67%

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Mixed; Indeks DAX Tertekan Data Industri Jerman

Pada hari Kamis, investor di seluruh dunia mencerna risalah terbaru dari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), yang keluar setelah bel penutupan Eropa pada hari Rabu. Risalah dari pertemuan Maret menunjukkan kehati-hatian pembuat kebijakan hati terhadap kenaikan suku bunga pada bulan April.

Hari ini, investor juga akan menantikan risalah terbaru dari pertemuan ECB. Publikasi risalah harus memberi penjelasan mengapa ECB memilih untuk menerapkan langkah-langkah kebijakan moneter yang terjadi pada bulan Maret.

Pada harga minyak mentah, baik minyak mentah Brent dan minyak mentah AS berada di bawah tekanan baru meskipun keuntungan sebelumnya terlihat di awal perdagangan Eropa. Harga yang diperdagangkan masing-masing di bawah $ 40 dan $ 38 masing-masing.

Minyak mentah AS telah didukung oleh penurunan tak terduga dalam persediaan minyak mentah, bagaimanapun, kekhawatiran dari melimpahnya pasokan global meningkat, setelah Irak mencatat kenaikan ekspor minyak; Reuters melaporkan. Saham-saham perminyakan tetap mixed, dengan saham Subsea 7 naik lebih dari 3 persen.

Meskipun kenaikan awal, penambang berada di bawah tekanan pada perdagangan karena harga melihat penurunan tajam. Saham Glencore tergelincir hampir 2 persen setelah Jefferies memangkas rating dari “overweight” menjadi “netral”.

Namun, saham Anglo American naik sekita 1 persen setelah tiga bank atas menaikkan target harga mereka terhadap saham. Randgold Resources memimpin sektor ini, naik lebih dari 2 persen setelah kenaikan yang kuat di harga emas spot.

Dalam berita saham individu, pengecer Inggris, Marks and Spencer melaporkan bahwa penjualan grup secara keseluruhan naik 1,9 persen untuk kuartal keempat, dengan kinerja yang solid di divisi makanan. Saham naik lebih dari 2 persen.

Saham Numericable-SFR melonjak 1 persen setelah unit telekomunikasi mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menempatkan $ 5190000000 senior secured notes 10 tahun dengan investor institusi. Induknya, Altice melompat lebih tinggi, naik lebih dari 2,5 persen.

Saham Wirecard terangkat lebih dari 2 persen, setelah perusahaan pembayaran prosesor ini melaporkan laba setelah pajak naik menjadi € 142.600.000 ($ 162.500.000) pada tahun 2015, naik dari angka 2014 sebesar 107,9 juta euro.

Sektor perawatan kesehatan mengungguli sektor lain menyusul penghentian merger antara Pfizer dan Alergen. Menurut Reuters, saham perawatan kesehatan Eropa melihat kenaikan pada harapan konsolidasi di sektor ini. Saham AstraZeneca dan Shire keduanya membukukan keuntungan yang solid.

Yang berada di bawah benchmark adalah penerbit Pearson. Saham turun lebih dari 5 persen karena sahamnya akan melakukan ex-dividen pada hari Kamis. Daimler dan Skanska juga turun ke bagian bawah benchmark, turun masing-masing lebih dari 4 dan 7 persen, sebagai tanggal ex-dividen yang jatuh tempo.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here