Rupiah Kamis Siang Lebih Disukai Dibanding Dollar

307

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Kamis siang  (7/04), rupiah yang dibuka kuat terhadap dollar  AS kembali menambah volume kekuatannya melawan dollar AS. Momentum pelemahan dollar AS terhadap rival-rival utamanya terus berlanjut hingga masuki sesi Eropa, dan ini dimanfaatkan rupiah memikat investor asing beli saham dan obligasi dalam negeri.

Penguatan  rupiah hingga siang ini  semakin menambah keuntungan  pada bursa saham, terpantau asing  melakukan banyak aksi beli sehingga tercetak net buy sebesar Rp133 miliar lebih. Aksi asing ini membuat laju IHSG berlanjut dan  menguat 0,3% ke posisi 4883.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,61% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13157/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13187/US$. Dari sisi kurs jisdor  dan  kurs BI, rupiah Kamis  diperkuat dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13197 dari hari sebelumnya 13223 pada hari Rabu (7/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13263   dari posisi 13289 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi menguat terbatas hingga akhir perdagangan oleh proyeksi pelemahan dollar AS sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13236  resistance  13177 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here