Bursa Eropa Bergerak Positif Mencermati Volatilitas Harga Komoditas

240

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada awal perdagangan hari Jumat (08/04) dengan investor bereaksi terhadap volatilitas harga di pasar komoditas.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.176,10, naik 39,21 poin atau 0,64%

Indeks DAX berada pada posisi 9.619,02, naik 88,40 poin atau 0,93%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.282,30, naik 36,39 poin atau 0,86%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.413,60, naik 120,70 poin atau 1,46%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik sekitar 0,5 persen dengan saham minyak dan gas melebihi patokan yang lebih luas. Sektor perbankan juga rebound pada hari Jumat setelah mendapat tekanan awal pekan ini.

Lihat : Bursa Eropa Mixed Mencermati Penurunan Minyak Mentah Dan Risalah ECB

Sentimen positif di Eropa datang setelah beberapa komentar kunci dari gubernur bank sentral global dan beberapa pergerakan tajam untuk mata uang dunia. Pada hari Kamis, Ketua Federal Reserve Janet Yellen menyatakan AS tidak mengalami “gelembung ekonomi”, menambahkan bahwa pasar tenaga kerja dalam “pemulihan”.

Yellen juga mengatakan bahwa keputusan Desember untuk menaikkan suku bunga tidak salah. Komite kebijakan bank sekarang memproyeksikan dua kenaikan suku bunga tahun ini.

Semalam, Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan negara akan mengambil “langkah yang diperlukan” terhadap penguatan yen. Pasar Asia diperdagangkan secara luas lebih rendah tetapi Nikkei 225 menguat setelah komentarnya.

Saham Unicredit naik tajam setelah bank Italia mengatakan pasar akan bereaksi positif terhadap € 1760000000 ($ 2 milyar) peningkatan modal Banca Popolare di Vicenza ini. Unicredit adalah satu-satunya penjamin Banca Popolare di Vicenza. Komentar mengangkat seluruh sektor perbankan Italia.

Sementara itu, Komisi Eropa mengatakan akan memotong denda € 445.884.000 yang dikenakan pada Societe General pada bulan Desember tahun 2013 dalam kaitannya dengan kasus Euribor, mengirimkan saham pemberi pinjaman Perancis ini lebih tinggi.

Di Spanyol, pengawas pasar pada Kamis mengatakan telah membuka persidangan terhadap Santander, BBVA, Sabadell dan Caixabank untuk praktek anti-kompetitif potensial di seluruh kontrak derivatif. Tapi ini berdampak kecil terhadap saham yang berada di wilayah positif.

Dalam berita saham individu, saham di Telecom Italia lebih tinggi setelah kepala eksekutif Vivendi, yang memiliki saham 24,9 persen di perusahaan, mengatakan bahwa Telecom Italia tidak perlu masuk pasar untuk kenaikan modal untuk meningkatkan arus kas dan investasi.

Berbicara kepada surat kabar Il Sole 24 Ore, Arnaud de Puyfontaine, menolak untuk mengomentari kemungkinan kesepakatan antara Vivendi dan perusahaan penyiaran Italia Mediaset. Saham Mediaset lebih tinggi.

Saham maskapai penerbangan Air France-KLM berada di wilayah positif setelah perusahaan melaporkan peningkatan lalu lintas penumpang di bulan Maret.

Goldman Sachs mengupgrade proyeksi untuk komoditas baja Eropa, Timur Tengah dan Afrika, membuat saham pembuat baja Arcelor Mittal dan Voestalpine lebih tinggi.

Di tempat lain, saham Axel Springer lebih dari 6 persen lebih tinggi setelah JPMorgan menaikkan target harga untuk saham.

Saham Eurotunnel Grup juga naik tajam setelah Nomura menempatkan rating “membeli” pada saham.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here