Genap 2 Pekan Berturut Dollar AS Ditekan Rupiah

253

Mengakhiri perdagangan  pasar valas akhir pekan  (8/04), rupiah tetap bertahan di posisi penguatan terhadap dollar AS meskipun sempat dibuka negatif pada awal perdagangan. Dengan kondisi tidak menentunya pergerakan dollar AS membuat pasar koleksi investasi yang memiliki imbal hasil, salah satunya rupiah. Dan sampai ujung pekan ini rupiah berhasil mencetak penguatan secara mingguan untuk 2 pekan berturut.

Menguatnya rupiah perdagangan hari ini  membuat kerugian bursa saham oleh aksi jual asing berkurang dari sejak awal perdagangan, terpantau  net sell asing berkurang menjadi Rp47 miliar lebih setelah akhir sesi pertama sekitar Rp116 miliar. Aksi asing ini membuat laju IHSG lanjut bearish dan melemah 0,4% ke posisi 4847.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,14% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13143/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13195/US$. Dari sisi kurs jisdor  dan  kurs BI, rupiah Jumat  diperkuat dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13169 dari hari sebelumnya 13197 pada hari Kamis (7/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13235   dari posisi 13263 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah  bergerak positif kembali  meski pada akhirnya    dollar  menguat diakhir perdagangan malam ini.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here