Bursa Eropa Bergerak Mixed Mencermati Pergerakan Minyak Mentah

304

Bursa Eropa bergerak mixed, namun cenderung menguat, pada awal perdagangan hari Senin (11/04) mengabaikan pelemahan harga minyak mentah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.203,49, turun -0,92 poin atau -0,01%

Indeks DAX berada pada posisi 9.714,85, naik 92,59 poin atau 0,96%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.323,06, naik 19,94 poin atau 0,46%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.524,10, naik 96.50 poin atau 1,15%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 dibuka lebih rendah tapi naik 0,5 persen pada awal perdagangan.

Lihat : Bursa Eropa Akhir Pekan Naik; Mingguan Turun 0,4 Persen

Harga minyak mentah yang turun lebih dari 1 persen di awal perdagangan, menahan beberapa kerugian tetapi masih diperdagangkan sedikit lebih rendah. Fluktuasi harga komoditas ini telah menjadi perhatian utama bagi investor selama setahun terakhir.

Sementara itu, saham SAP membalikkan kerugian untuk perdagangan yang lebih tinggi karena aksi beli investor, setelah perusahaan perangkat lunak memperingatkan pada hari Jumat bahwa hasil kuartal pertama akan lebih lemah dari yang diharapkan. Ini menyeret sektor teknologi pada indeks STOXX 600, yang merupakan salah satu peain yang terburuk. Juga membebani sektor ini penurunan dalam harga saham dari Gemalto setelah Credit Suisse menurunkan target harga untuk saham dan menempatkan rating “underperform” pada saham.

Saham produsen chip termasuk ARM dan Dialog Semiconductor keduanya lebih rendah.

Pasar Asia sebagian besar lebih rendah pada Senin meskipun pasar Tiongkok melawan tren, membukukan keuntungan, dengan indeks Shanghai naik 1,67 persen dan indeks Shenzhen naik 1,87 persen.

Sebelum pasar dibuka, Tiongkok merilis data inflasi Maret yang naik 2,3 persen secara tahunan di bulan Maret, dibandingkan dengan 2,5 persen yang diperkirakan oleh jajak pendapat Reuters dan sejalan dengan Februari 2,3 persen pembacaab secara tahunan. Para analis mengatakan angka inflasi tidak mungkin untuk mempengaruhi ekspektasi pelonggaran moneter lebih lanjut dari para pembuat kebijakan Tiongkok.

Dalam berita lain, Bank Dunia memperingatkan dalam sebuah laporan pada hari Senin bahwa pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Timur dan Pasifik bisa mereda karena pertumbuhan lemah di Tiongkok.

Sementara itu, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengatakan pada hari Senin bahwa bank akan mencermati bagaimana pergerakan ketidakstabilan pasar global dapat mempengaruhi perekonomian negara dan harga, demikian menurut Reuters.

Vivendi pada Jumat sepakat untuk mengambil saham 3,5 persen di Mediaset, perusahaan penyiaran swasta terbesar di Italia yang dimiliki oleh mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi. Saham Mediaset berada di wilayah positif sementara Vivendi lebih rendah.

Bank-bank Italia diperdagangkan lebih tinggi setelah laporan bahwa pemberi pinjaman terbesar di negara itu akan memenuhi Treasury dan bank sentral untuk membentuk rencana untuk menyiapkan dana dukungan negara yang akan membeli kredit macet yang dimiliki oleh bank-bank tersebut. Saham Banca Monte dei Paschi di Siena lebih dari 7 persen lebih tinggi sementara Banco Popolare dan Unicredit juga di wilayah positif.

Di tempat lain, saham produsen mobil Porsche turun 3 persen setelah Barclays menurunkan target harga untuk saham.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa bergerak positif dengan positifnya bursa Tiongkok. Namun akan mencermati pergerakan harga minyak mentah, yang jika terus merosot dapat menekan pergerakan bursa Eropa lebih lanjut.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here