Harga Emas Akhir Pekan Mixed, Mingguan Bukukan Kenaikan 1 Persen

442

Harga Emas mixed pada akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat dengan penguatan pasar saham mendorong investor melakukan profit taking memanfaatkan beberapa keuntungan hari sebelumnya, namun harga emas tetap memperoleh kenaikan mingguan terbesar dalam lima minggu karena Federal Reserve tetap berhati-hati pada kenaikan tingkat suku bunga AS.

Pasar saham global rebound tapi masih ditetapkan untuk mengakhiri minggu lebih rendah, tertekan oleh ketidakpastian prospek ekonomi dan kebijakan AS.

Harga emas spot turun tipis 0,09 persen di $ 1,239.12 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni ditutup naik 0,5 persen pada $ 1,243.80 per ons dan terakhir diperdagangkan naik 0,39 persen pada $ 1,242.50.

Namun secra mingguan harga emas spot naik 1,4 persen minggu ini, terutama karena rally 1,5 persen Kamis.

Lihat : Harga Emas Naik, Permintaan Safe Haven Menguat

Harga logam mulia ini telah terkurung dalam kisaran sempit oleh ketidakpastian tentang keputusan bank sentral AS untuk menaikkan suku bunga.

Ketua Fed Janet Yellen, dalam percakapan dengan mantan ketua Fed pada Kamis, mengatakan ekonomi AS masih di jalur untuk menjamin tingkat lanjut naik. Tapi kenaikan suku bunga berjangka AS masih menunjukkan peluang kurang dari 20 persen dari kenaikan pada bulan Juni.

Memudarnya harapan untuk meningkatkan laju lebih lanjut tahun ini membantu emas untuk kuartal terbaik dalam hampir 30 tahun dalam tiga bulan sampai Maret.

Data dari emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund SPDR Gold Shares yang terdaftar di New York, menunjukkan kepemilikan yang sedikit berubah pekan ini setelah membukukan arus keluar mingguan pertama tahun ini pekan lalu.

Permintaan emas fisik dari Asia juga telah turun akhir-akhir ini, kata para analis.

Dalam logam mulia lainnya, harga perak berjangka naik 1,4 persen pada $ 15,37 per ons, harga platinum berjangka naik 1,5 persen menjadi $ 968,70 dan harga palladium naik 0,99 persen menjadi $ 539,10.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga emas akan bergerak mixed dengan tarik menarik positifnya bursa global dan pelemahan dollar AS. Harga emas diperkirakan akan berada dalam kisaran Support $ 1,237.00-$ 1,235.00. Jika harga naik akan menembus kisaran Resistance 1,241.00-$ 1,243.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here