Harga Kopi Arabica Akhir Pekan Rebound; Mingguan Anjlok 5 Persen

358

Harga kopi arabika ICE rebound di akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dini hari (09/04), terpicu penguatan mata uang Real Brazil.

Pada penutupan perdagangan mata uang, mata uang Real Brazil menguat. Pasangan kurs USDBRL berakhir melemah -2,59% pada 3.5874. Penguatan Real Brazil terjadi dengan pelemahan dollar AS.

Mata  uang Real Brazil telah rally terhadap dolar AS dalam mengantisipasi bahwa kongres kemungkinan untuk mendakwa Presiden Dilma Rousseff bulan ini.

Pelemahan dollar AS membuat komoditas kopi arabica yang dijual dalam mata uang dollar AS ini menjadi lebih murah, sehingga permintaan meningkat.

Lihat : Harga Kopi Arabica ICE Murah Dengan Harapan Panen Dan Pelemahan Real Brazil

Harga kopi arabika berjangka di penutupan perdagangan dini hari tadi mengalami penguatan. Harga kopi arabika berjangka bulan Mei 2016 menguat sebesar 0,65 dollar atau setara dengan 0,54 persen dan ditutup pada posisi 1.2045 dollar per pon.  

Secara mingguan harga kopi arabica anjlok 5,34 persen terendah sejak 4 Januari 2016. Pelemahan harga kopi terjadi dengan meningkatnya harapan produksi panen dengan cuaca yang baik dan peningkatan ekspor kopi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kopi arabica berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan pergolakan politik di Brazil akan menguatkan mata uang Real Brazil.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Resistance di posisi 1,2300 dollar dan 1,2600 dollar. Sedangkan level Support yang akan dihadapi jika terjadi penurunan ada pada posisi 1,1700 dollar dan 1,1400 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here