Indeks Shanghai 11 April Berakhir Positif Terdukung Data Inflasi

358
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok awal pekan Senin (11/04), indeks Shanghai berakhir positif, naik 49,64 poin, atau 1,66 persen, pada 3034.59. Penguatan Indeks Shanghai terdorong data inflasi yang lebih rendah dari perkiraan membangkitkan optimisme pemerintah Beijing akan melanjutkan pelonggaran kebijakan moneter.

Lihat : Awal Indeks Shanghai 11 April Positif Terdukung Stabilnya Data Inflasi

Kenaikan pasar saham Tiongkok tertekan oleh kekhawatiran bahwa percepatan inflasi akan membatasi ruang untuk pelonggaran moneter, setelah indeks harga konsumen (IHK) pada bulan Februari naik pada laju tercepat dalam lebih dari satu tahun.

Tapi kekhawatiran mereda sedikit setelah harga konsumen Maret secara tahunan keluar mengejutkan tidak berubah dari bulan sebelumnya di 2,3 persen, sementara harga grosir tetap dalam deflasi, turun 4,3 persen, meskipun laju penurunan mereda.

Inflasi Tiongkok sedikit di bawah perkiraan secara tahunan di bulan Maret, sementara harga produsen sedikit lebih baik dari yang diperkirakan.

Indeks harga konsumen (CPI) naik 2,3 persen secara tahunan di bulan Maret, dibandingkan dengan 2,5 persen yang diperkirakan oleh jajak pendapat Reuters dan sejalan dengan tingkat Februari 2,3 persen secara tahunan. Sedangkan inflasi konsumen pada bulan Maret turun 0,4 persen.

Stabilnya inflasi Tiongkok ini memberikan harapan positif untuk dapat mengejar target 3 persen inflasi dari pemerintah Beijing.

Lihat : Inflasi Maret Tiongkok Stabil, Sedikit Dibawah Perkiraan

Pada akhir perdagangan saham sore ini, sebagian besar sektor naik, dengan sektor energi dan bahan baku diantara yang naik tertinggi.

Besok akan dirilis data New Yuan Loans Maret yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas dengan hasil perkiraan data ekonomi yang positif dan harapan stimulus Pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2933-2831 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3114-3207.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here