Inflasi Maret Tiongkok Stabil, Sedikit Dibawah Perkiraan

504

Inflasi Tiongkok sedikit di bawah perkiraan secara tahunan di bulan Maret, sementara harga produsen sedikit lebih baik dari yang diperkirakan.

Indeks harga konsumen (CPI) naik 2,3 persen secara tahunan di bulan Maret, dibandingkan dengan 2,5 persen yang diperkirakan oleh jajak pendapat Reuters dan sejalan dengan tingkat Februari 2,3 persen secara tahunan. Sedangkan inflasi konsumen pada bulan Maret turun 0,4 persen.

china-inflation-cpi (3)

Harga konsumen Tiongkok bulan Maret terpicu lonjakan harga pangan. Harga pangan melonjak 7,6 persen pada Maret dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Harga pangan, yang terdiri kira-kira sepertiga dari perhitungan IHK pada tahun 2015, naik ke tertinggi enam bulan pada bulan Februari di belakang pasokan sayuran ketat sebagai akibat dari cuaca dingin, serta peningkatan permintaan selama seminggu liburan Tahun Baru Imlek.

Beijing menargetkan inflasi sekitar 3 persen.

Sementara itu indeks harga produsen (PPI), turun secara tahunan untuk 49 bulan berturut-turut, turun 4,3 persen, tetapi pada tingkat yang lebih lambat dari penurunan dibandingkan pada bulan Februari. Sebuah jajak pendapat Reuters memperkirakan penurunan 4,6 persen, setelah tingkat Februari turun 4,9 persen secara tahunan. PPI naik 0,5 persen pada bulan.

china-producer-prices-change (1)

Dengan kemerosotan PPI yang diperpanjang membuat pengetatan likuiditas di utang sektor korporasi Tiongkok, ekonom percaya pelonggaran moneter lebih lanjut dari Bank Rakyat Tiongkok kemungkinan dalam bentuk pemotongan suku bunga dan rasio persyaratan cadangan.

Lihat : Li Keqiang : Ekonomi Tiongkok Kuartal Pertama Mengalami Perbaikan

Laporan inflasi Senin ini hanyalah salah satu dari banyak data indikator ekonomi Tiongkok pekan ini yang diharapkan untuk mengkonfirmasi kebutuhan untuk stimulus moneter dan fiskal lebih lanjut.

Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) untuk kuartal Maret ini dilaporkan Jumat, bersama produksi industri, penjualan ritel dan investasi aset tetap. Pasokan uang, pertumbuhan kredit dan perdagangan sementara diperkirakan pada hari Rabu.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here