Pergerakan Emas Minggu Lalu dan Minggu Ini

411

Meskipun ada tekanan jual di awal pagi hari Jumat, emas mengakhiri minggu lalu dengan kenaikan yang solid. Emas berjangka Comex bulan Juni ditutup di sesi Jumat pada harga $1,243.80 per ons, naik hampir 2% sepanjang minggu lalu.

Kenaikan di emas juga membantu kenaikan di metal berharga lainnya dengan perak berjangka Comex bulan Mei diakhiri dengan kenaikan yang mengakhiri kerugian selama dua minggu. Emas bulan Mei ditutup pada akhir minggu pada harga $15.384 per ons, naik lebih dari 2.3% sepanjang minggu.

Kedepannya, menurut sebagian analis pasar ketidak pastian pasar global dan pesan-pesan yang saling bertentangan dari para pejabat bank sentral AS akan terus menunjang harga emas dalam jangka pendek.

Sentimen pasar untuk emas telah membaik secara dramatis dengan harga berhasil bertahan diatas level support, dengan ekspektasi bahwa harga bisa bisa menguji batas atas dari range belakangan ini di $1,250 per ons minggu depan.

Kitco News’ Wall Street vs. Main Street Gold Survey menunjukkan sentimen yang diperbaharui dengan positip dimana 80% dari investor eceran dan 60% dari professionals pasar memperkirakan harga akan naik minggu ini. Salah satu indikator bullish kunci bagi sebagian analis adalah fakta bahwa harga berhasil naik diatas rata-rata bergerak 20 dan 50 hari pada hari Kamis.

Tidak saja sentimen naik lebih tinggi tetapi tingkat partisipasi meningkat dua kali lipat dari minggu lalu. Minggu ini dari 1.287 orang yang berpartisipasi di survei emas Twitter dan Kitco online, 1.035 pemberi suara atau 80% mengatakan mereka memperkirakan harga emas akan naik minggu ini, pada saat yang bersamaan 162 orang atau 13% berkata mereka memperkirakan harga emas akan turun pada minggu ini, dan 90 orang atau 7% netral terhadap pasar emas.

Sedangkan minggulalu dari 603 partisipan, hanya 60% yang berkata mereka bullish terhadap emas dalam jangka pendek.

Kejutan yang menarik dari sentimen di pasar professional, sekarang kebanyakan bullish terhadap emas setelah bearish pada minggu lalu. Dari 36 ahli dipasar yang dikontak, 15 merespon dan 9 profesional atau 60% berkata mereka bullish terhadap emas. 4 Profesional atau 27% berkata mereka bearish, dan 2 analis atau 13% netral. Partisipan pasar termasuk bullion dealers, investment banks, futures traders dan analis technical-chart. Minggu lalu 56% dari partisipan Wall Street ini bearish terhadap emas.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here