Bursa Wall Street Berakhir Turun; Indeks S&P 500 Negatif Secara Tahunan

520

Bursa Saham AS berakhir turun pada akhir perdagangan hari Senin dengan investor mencermati kinerja emiten untuk kuartal pertama tahun 2016 ini.

Saham Pfizer ditutup hampir 1,9 persen lebih rendah. Sektor konsumen dan perawatan kesehatan adalah penurun terbesar dalam indeks S & P 500, yang jatuh kembali ke dalam wilayah negatif secara tahunan ini sejauh ini. Hanya sektor material dan keuangan yang berakhir positif.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir sekitar 20 poin lebih rendah setelah sebelumnya menambahkan lebih dari 150 poin. Saham Nike berkontribusi yang paling tinggi untuk penurunan, sementara Goldman Sachs adalah kontributor kenaikan.

Dow transportasi ditutup 0,48 persen lebih rendah setelah sempat naik lebih dari 1 persen lebih tinggi ke atas pergerakan rata-rata 200-hari dalam perdagangan intraday.

Agregat kuartal pertama S & P 500 laba diperkirakan $ 26,17, yang merupakan penurunan dari 8,1 persen tahun-ke-tahun, untuk penurunan kuartalan ketiga berturut-turut, menurut catatan Jumat dari Lindsey Bell, analis senior di S & P Pasar Global Intelligence.

Pasar Saham Eropa berakhir naik, sementara sektor Bank pada indeks STOXX Europe 600 unggul. Laporan segar didukung harapan pemerintah Italia akan segera membentuk sebuah rencana untuk membentuk dana dukungan negara yang akan membeli kredit macet yang dimiliki oleh bank-bank negara itu.

Pasar Saham Asia ditutup mixed semalam, dengan Nikkei 225 jatuh 0,44 persen sedangkan indeks Shanghai naik lebih dari 1,6 persen, didukung stabilnya data inflasi.

Yen Jepang terbalik pada akhir perdagangan pagi untuk melanjutkan penguatan terhadap dolar AS, berada dekat ¥ 107,9.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup naik 64 sen, atau 1,61 persen, pada $ 40,36 per barel, menetap tertinggi sejak 3 Desember. Awalnya WTI mencapai tertinggi dalam perdagangan intraday sejak 23 Maret.

Indeks dollar AS diadakan sedikit lebih rendah, dengan euro di atas $ 1,14.

Tidak ada data AS utama adalah karena Senin. Data penjualan ritel dan data inflasi dirilis akhir pekan ini.

Hasil Treasury datang dari posisi tertinggi, dengan yield 2-tahun di dekat 0.70 persen dan yield 10-tahun sekitar 1,72 persen.

Presiden AS Barack Obama senang dengan pekerjaan yang dilakukan oleh Ketua Federal Reserve Janet Yellen, dalam pertemuan pada hari Senin untuk membahas masalah regulasi dan ekonomi dunia, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah laporan Reuters.

“Presiden telah senang dengan cara dia yang telah melakukan pekerjaan yang penting,” kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest dalam sebuah jumpa pers.

Secara terpisah, Presiden Fed Dallas Robert Kaplan mengatakan ia tidak bersedia untuk kenaikan suku bunga sekarang tetapi “sangat terbuka” untuk mempertimbangkan menjelang pertemuan kebijakan pertengahan Juni, Reuters melaporkan.

Dalam sambutannya disiapkan untuk pidato Senin pagi, Presiden Federal Reserve New York William Dudley difokuskan pada hubungan antara mobilitas ekonomi dan geografis di Amerika Serikat dan tidak mengomentari kebijakan moneter atau ekonomi, kata Reuters.

Saham Alcoa secara tidak resmi memulai musim pelaporan kuartal pertama dengan laba setelah penutupan, sementara bank-bank besar seperti JPMorgan Chase, Bank of America dan Citigroup semua akan melaporkan kemudian dalam seminggu.

Dalam berita perusahaan, Goldman Sachs akan membayar $ 5 milyar untuk menyelesaikan pemeriksaan pemerintah dalam penjualan perusahaan sekuritas berbasis mortgage sebelum krisis keuangan, Departemen Kehakiman mengumumkan Senin.

Lihat : Bursa Wall Street Akhir Pekan Naik Tipis; Mingguan Negatif Terburuk Sejak Februari

Indeks utama rata-rata turun lebih dari 1 persen untuk minggu ini, yang terburuk sejak 5 Februari untuk indeks S & P 500 dan indeks Nasdaq, dan  yang terburuk sejak 12 Februari untuk indeks Dow Jones industrial average.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 20,55 poin, atau 0,12 persen, ke 17,556.41, dengan saham Goldman Sachs naik tertinggi dan saham Nike yang tertinggal terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup turun 5,61 poin, atau 0,27 persen, pada 2,041.99, dengan sektor konsumen memimpin delapan sektor yang lebih rendah dan sektor material yang positif.

Indeks Nasdaq turun 17,29 poin, atau 0,36 persen, pada 4,833.40. IShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) ditutup 1,68 persen lebih rendah.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi harga ekspor dan impor bulan Maret yang diindikasikan meningkat dari sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Wall Street akan bergerak positif merespon data ekonomi positif, namun akan mencermati hasil pendapatan perusahaan dan pergerakan harga minyak mentah.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here