Harga Batubara Rotterdam ICE Naik Terbantu Penguatan Minyak Mentah

681

Pada akhir perdagangan Selasa dini hari (12/04), harga batubara Rotterdam naik, terbantu kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah berjangka naik lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan Senin dengan dukungan pelemahan dollar AS yang membuat rally di pasar komoditas pasar sehingga memicu aksi beli, demikian juga harapan optimis menjelang pertemuan produsen minyak di Doha Minggu depan yang bertujuan untuk membekukan tingkat produksi saat ini.

Harga minyak mentah AS WTI menetap di $ 40,36 per barel, naik 64 sen, atau 1,61 persen, setelah menyentuh tertinggi intraday pada $ 40,75, dekat tiga minggu tertinggi.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent, naik 96 sen menjadi $ 42,92 per barel, setelah menyentuh sesi tinggi $ 43,06, level tertinggi sejak 7 Desember.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik Terdukung Pelemahan Dollar AS

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Mei 2016 berada di posisi 44,60 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,30 dollar atau setara dengan 0,68 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.  

Lihat : Harga Batubara Rotterdam Akhir Pekan Naik 2 Persen; Mingguan Masih Negatif

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan dengan penguatan harga minyak mentah yang terpicu sentimen penarikan produksi AS dan optimisme dalam kesepakatan pemotongan produksi oleh negara-negara OPEC dan non OPEC.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 45,10 dollar dan Resistance kedua di level 45,60 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 44,10 dollar dan 43,60 dollar.

 

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here