Kepercayaan Usaha Kecil AS Merosot Terendah Dua Tahun

308

Kepercayaan usaha kecil AS jatuh ke level terendah dua tahun pada Maret di tengah kekhawatiran terus-menerus tentang penjualan dan keuntungan, indikasi terbaru bahwa pertumbuhan ekonomi melemah di kuartal pertama.

The National Federation of Independent Business (NFIB), pada Selasa mengatakan indeks optimisme usaha kecil merosot 0,3 poin dari pembacaan 92,6 bulan lalu, terendah sejak Februari 2014.

united-states-nfib-business-optimism-index

Hasil ini telah menurun dari pembacaan 100 pada bulan Desember 2014 dan telah mendorong lebih jauh rata-rat 42 tahun pada 98.

Pembacaan rendah ini cocok dengan data ekonomi terbaru pada konsumen dan belanja bisnis serta investasi persediaan grosir yang membawa pertumbuhan ekonomi melambat tajam dari tingkat tahunan kuartal keempat 1,4 persen.

Perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto untuk kuartal pertama saat ini jauh di bawah tingkat 1 persen.

Empat komponen dari indeks NFIB naik bulan lalu, dengan sisa enam menurun.

Lihat : Pertemuan Obama-Yellen Membahas Kondisi Ekonomi Dan Regulasi Wall Street

Sementara pemilik usaha kecil yang cukup optimis tentang kondisi bisnis dalam enam bulan ke depan dan sikap mereka terhadap belanja modal meningkat sedikit, mereka juga memiliki pandangan lemah dalam pasar tenaga kerja.

Namun, indikator pasar tenaga kerja tetap kuat. Pada saat yang sama, pemilik usaha kecil lebih cenderung untuk memotong harga dari upaya mereka untuk meningkatkan penjualan lesu dan keuntungan yang lemah.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here