Rebound Dollar Gagal Total, Indeks Masuk Jurang 7 Bulan

317

Usaha rebound dollar AS terhadap rival-rival utamanya gagal total meski berhasil menggilas yen sejak perdagangan awal sesi Asia. Dollar semakin bertambah kekuatannya terhadap yen setelah baru saja Menteri Keuangan Jepang Taro Aso menegaskan  kepada media usaha pemerintah untuk mendevaluasi mata uangnya.

Taro Aso menyatakan sebagai negara  ekonomi besar dunia, Jepang tidak akan membiarkan penguatan mata uang yen secara sepihak. Karenanya pemerintah akan melakukan segala cara untuk melemahkannya kembali. Pernyataan ini semakin mempertegas usaha devaluasi yen yang sudah digembar gemborkan oleh pemimpin negar5a tersebut akhir pekan lalu.

Akhiri perdagangan forex sesi Asia hari kedua pekan ini (12/04) dollar AS hanya menguat terhadap yen saja sedangkan terhadap kurs lainnya terpukul  yang salah satunya disebabkan pelemahan yen terhadap rival-rivalnya yang juga rivalnya dollar.

Indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya  di pasar spot terkini sedang bergerak negatif, setelah dibuka kuat di 93,95 kini indeks turun  ke posisi 93,87. Sebelumnya  indeks dollar telah berada di jurang terdalam 7 bulan setelah perdagangan bulan Oktober 2015 lalu.

Untuk penggerak fundamental hari ini, khususnya pada sesi Amerika malam nanti pasar dapat mencermati perkembangan data harga impor AS pada bulan Maret selain beberapa data penggerak rivalnya di sesi Eropa nanti.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here