Taro Aso Semakin Lemaskan Yen Sesi Eropa 12 April

345

Mengamati pergerakan kurs yen pada perdagangan forex sesi Eropa hari Selasa (12/04) terpantau bergerak negatif melanjutkan tekanan awal perdagangan oleh rencana pemerintah Jepang mendevaluasi yen pasca melonjak tinggi secara sepihak dan kurang menguntungkan bagi perekonomian Jepang. Pelemahan yen semakin bertambah siang ini setelah penegasan Menteri Keuangan Jepang Taro Aso siang ini atas rencana tersebut.

Taro Aso menyatakan sebagai negara  ekonomi besar dunia, Jepang tidak akan membiarkan penguatan mata uang yen secara sepihak. Karenanya pemerintah akan melakukan segala cara untuk melemahkannya kembali. Pernyataan ini semakin mempertegas usaha devaluasi yen yang sudah digembar gemborkan oleh pemimpin negara tersebut akhir pekan lalu.

Sebelumnya Chief Cabinet Secretary Jepang Yoshihide Suga  tegaskan kebijakan G20 pekan ini yang akan membahas kebijakan menghindari devaluasi mata uang, tidak akan menghalangi Jepang melakukan niatnya tersebut.

Lihat: Rekomendasi Yen, Selasa 12 April 2016

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa (10:00:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  USDJPY dibuka kuat  pada  107,95  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  yen turun 22 pips  atau 0,2% dan nilai pair bergulir  berada pada 108,17.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  besok, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY dapat naik terus   ke kisaran  108.88-109,74,  namun jika terjadi koreksi turun ke kisaran 107,55- 107,16.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here