Penjualan Ritel Maret AS Merosot, Dilemahkan Penjualan Mobil

352

Penjualan ritel AS turun tak terduga di bulan Maret karena rumah tangga mengurangi pembelian mobil, sebagai dorongan lebih lanjut bahwa pertumbuhan ekonomi tersandung pada kuartal pertama.

Departemen Perdagangan AS mengatakan pada hari Rabu 13/04) bahwa penjualan ritel turun 0,3 persen bulan lalu setelah tidak berubah pada bulan Februari. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan penjualan ritel naik tipis 0,1 persen bulan lalu.

united-states-retail-sales

Penjualan ritel termasuk mobil, bensin, bahan bangunan dan jasa makanan naik 0,1 persen bulan lalu setelah direvisi naik 0,1 persen pada Februari. Ini disebut penjualan ritel inti karena paling dekat dengan komponen belanja konsumen dari produk domestik bruto.

Para ekonom telah memperkirakan penjualan ritel inti naik 0,3 persen bulan lalu.

Belanja konsumen menyumbang lebih dari dua-pertiga dari kegiatan ekonomi AS. Pelemahan bulan Maret bertambah dengan data baru pada usaha, persediaan grosir dan belanja bisnis yang menunjukkan ekonomi mencapai pelemahan dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Lihat : Kepercayaan Usaha Kecil AS Merosot Terendah Dua Tahun

Bulan lalu, penjualan mobil turun 2,1 persen, penurunan terbesar dalam lebih dari satu tahun, setelah tidak berubah pada bulan Februari. Rumah tangga yang membeli mobil yang lebih sedikit setelah pembelian rekor tahun lalu.

Penerimaan di pusat pelayanan naik 0,9 persen pada Maret, kenaikan terbesar sejak Juni, karena harga bensin berbalik lebih tinggi.

Data lain dalam laporan itu umumnya dicampur. Penerimaan di toko pakaian turun 0,9 persen. Penjualan di pengecer online turun 0,1 persen dan penerimaan pada barang olahraga dan toko hobi naik 0,2 persen. Penjualan di outlet dan alat elektronik naik 0,1 persen. Penerimaan toko bahan bangunan dan peralatan taman meningkat 1,4 persen, sedangkan penjualan di restoran dan bar turun 0,8 persen.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here