IHSG 14 April Ditutup Turun Tergerus Profit Taking

731

Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan Kamis (14/04) berakhir turun 0,79 persen pada 4814,85. Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 ditutup turun 0,94% ke posisi 831.56. Pelemahan IHSG terjadi dengan adanya aksi profit taking.

Aksi profit taking investor lokal hari ini memanfaatkan kenaikan saham-saham pada perdagangan kemarin. Jika pada perdagangan kemarin saham-saham sektor Pertambangan, Industri Dasar dan Aneka Industri menjadi tiga sektor tertinggi, maka hari ini ketiga sektor tersebut menjadi sasaran profit taking investor lokal dan mengalami pelemahan tertinggi.

Aksi profit taking hari ini juga terpicu pelemahan Rupiah. Terpantau pasangan kurs USDIDR naik 0,15 persen pada 13,183.

Bursa Asia sore ini berakhir positif, dimana semua indeks utama kawasan Asia berada di zona hijau. Penguatan bursa Asia terdorong hasil data ekspor Tiongkok yang meningkat.

Bursa Eropa sore ini bergerak negatif merespon pelemahan harga minyak mentah.

Pada akhir perdagangan sore ini, IHSG tertekan oleh 9 sektor yang negatif, dengan penurunan tertinggi Sektor Pertambangan yang turun 2,56%. Pada penutupan perdagangan sore ini tercatat 116 saham menguat, sedangkan 181 saham melemah. Di akhir perdagangan saham sore ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 10,07 miliar saham dengan nilai mencapai 11,08 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 503,374 kali.

Lihat : IHSG 14 April Sesi 1 Tergerus Profit Taking Investor Lokal

Pada akhir perdagangan saham sore ini dana asing yang keluar pasar modal mencapai Rp. 4,00 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan perdagangan IHSG selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan penguatan bursa global dan optimisme ekonomi Indonesia. Namun perlu dicermati perkembangan bursa Wall Street dan harga minyak mentah pada akhir perdagangan malam nanti. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4781-4746, dan kisaran Resistance 4846-4879.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here