Pergerakan Emas Kemarin

357

Harga emas turun cukup solid pada hari Rabu kemarin, sebagai tarikan koreksi atas keuntungan baru-baru ini, dan karena minat investor terhadap resiko naik pada pertengahan minggu. Rebound yang solid dari indeks dolar AS kemarin juga merupakan elemen bearish bagi pasar metal berharga.

Emas Comex bulan Juni terakhir turun $15.70 di $1,245.20 per ons.

Perak Comex bulan Mei terakhir $0.082 di $16.14 per ons.

Hari Rabu kemarin adalah hari yang hidup bagi resiko dengan pasar saham dunia mengalami rally. Indeks saham AS mengarah naik secara solid pada saat pembukaan ketika sesi New York dimulai. Beberapa data ekonomi yang bagus dari Cina, negara dengan ekonomi kedua terbesar dunia, telah menolong menaikkan spirit para trader dan investor di pertengahan minggu ini. Ekspor Cina naik 11.5% di bulan Maret – kenaikan pertama dalam sembilan bulan. Impor Cina turun 7.6% pada periode yang sama, tetapi penurunan itu tidak sebanyak seperti yang diprediksi oleh para ahli. Naiknya minat terhadap resiko dan data ekonomi yang bagus dari Cina membuat turun harga metal berharga.

Faktor kunci diluar pasar pada hari Rabu kemarin adalah indeks dolar AS yang naik secara solid karena dorongan koreksi setelah menyentuh kerendahan selama delapan bulan pada hari Selasa. Indeks dolar tetap berada pada tren harga yang menurun dan penurunan ini masih memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here