Preview: Initial Jobless Claims AS

301

Berita yang mengecewakan dari penjualan eceran AS untuk bulan Maret kemarin kelihatannya mengkuatirkan, tetapi adalah prematur untuk membantah bahwa pertumbuhan ekonomi sedang naik – diasumsikan bahwa pertumbuhan pekerjaan masih tetap sehat.

Kita tahu bahwa nonfarm payrolls membukukan kenaikan yang solid pada bulan lalu, yang merupakan kenaikan tahunan terbaik sejak bulan Oktober yang lalu. Sementara itu, laporan pekerjaan bulan April masih beberapa minggu lalu, yang membuat rilis data klaim pengangguran mingguan pada malam hari ini menjadi ronde pertama dari data penting untuk memutuskan apakah kejatuhan di dalam belanja eceran di bulan Maret adalah tanda awal bahwa pasar tenaga kerja sedang mengarah pada keruntuhan juga.

Angka orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran menurun lebih daripada yang diperkirakan pada minggu lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja AS terus menguat meskipun pertumbuhan ekonomi yang suam-suam. Angka klaim baru turun 9000 menjadi 267.000. Sementara pada minggu lalu para ekonom memperkirakan klaim pengangguran akan berada pada angka yang lebih tinggi sebesar 271.000. Ini adalah minggu ke 57 dimana klaim penganguran tetap berada dibawah batas 300.000, terlama sejak tahun 1973. Sebuah laporan menunjukkan rekrutmen oleh perusahaan-perusahaan AS naik di bulan Februari ke level tertinggi sejak bulan November 2006.

Para ekonom, namun, melihat rilis data pada malam hari ini akan memberikan berita yang bagus lagi. Konsensus dari Econoday.com memperkirakan bahwa pengajuan baru untuk tunjangan pengangguran pada minggu pertama bulan April akan tetap tidak berubah.

Jika benar demikian, cetakan kedua untuk klaim pengangguran sebesar 267.000 sedang dalam agenda – mendekati kerendahan selama empat dekade. Jika prediksi ini bertahan, hal ini akan memperkuat pandangan bahwa laporan bearish yang mengejutkan dari belanja eceran untuk bulan Maret kemarin hanyalah gangguan sementara.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here