Tingkat Inflasi Maret Zona Eropa Masih Dibawah Target ECB

362

Penurunan baru dalam harga konsumen zona euro telah terbukti berumur pendek setelah data untuk Maret direvisi untuk menunjukkan stagnasi.

Tingkat inflasi di blok 19-negara itu tidak berubah, demikian rilis kantor statistik Uni Eropa di Luxembourg Kamis (14/04), merevisi laporan sebelumnya minus 0,1 persen. Harga jatuh 0,2 persen secara tahunan pada bulan Februari, yang merupakan penurunan pertama dalam lima bulan.

euro-area-inflation-cpi (3)

Inflasi masih jauh di bawah target ECB, hanya di bawah 2 persen, yang menjauh sejak 2013, dan pemulihan ekonomi yang moderat telah cukup untuk melawan penurunan biaya minyak. ECB telah memperluas pembelian utang untuk memerangi deflasi, meningkatkan pembelian obligasi bulanan 80 miliar euro ($ 90 miliar) dari 60 milyar euro, salah satu langkah-langkah baru diresmikan oleh Presiden Mario Draghi bulan lalu untuk memacu pertumbuhan harga.

Inflasi inti, yang mengeluarkan elemen volatil seperti makanan dan energi dipercepat menjadi 1 persen pada Maret dari 0,8 persen pada Februari, tidak berubah dari perkiraan awal.

euro-area-core-inflation-rate (1)

Kontribusi kenaikan terbesar untuk inflasi Maret berasal dari restoran dan kafe, di mana harga naik 1,5 persen, yang menambahkan 0,12 poin persentase untuk pembacaan. Biaya paket liburan meningkat 5,7 persen.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here